Apa Kelebihan dan Kekurangan Karpet Tile? Simak Ulasannya Berikut!

Untung Rugi Memakai Karpet Tile

Karpet tile merupakan salah satu jenis karpet yang saat ini banyak digunakan. Karpet jenis tile tidak hanya banyak dipakai di rumah-rumah namun juga di tempat umum. Justru karpet jenis ini malah lebih banyak digunakan di tempat umum seperti hotel, bioskop, kantor, dan lain sebagainya. Karpet ini memang berbeda dari jenis karpet yang lain.

Tidak seperti karpet lain yang berbentuk lembaran, karpet jenis tile merupakan karpet yang terdiri dari potongan-potongan. Untuk menggunakan karpet ini, Anda harus menyusun tiap potongan karpet di atas lantai. Ketika menyusun karpet ini di atas lantai, Anda seperti bermain puzzle. Anda akan menyusun potongan demi potongan di atas lantai hingga semua lantai tertutup dengan karpet.

Karpet jenis tile saat ini sangat mudah untuk ditemukan di pasaran. Ada tiga jenis ukuran potongan karpet yaitu ukuran 250 x 750, 500 x 500, 250 x 1000 cm. Karpet ini juga sudah semakin banyak digunakan. Karpet jenis tile memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Kira-kira apa saja kelebihan dan kekurangannya?

 

Kelebihan

Karpet jenis tile ini banyak diminati karena memang ada banyak kelebihan yang dimiliki. Berikut adalah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh karpet tile:

 

1. Mudah Diganti

Karpet ini sangat mudah untuk diganti. Karena terdiri dari potongan-potongan, maka Anda bisa mengganti bagian karpet yang sekiranya perlu diganti. Misalnya, potongan karpet basah atau kotor maka Anda tak perlu mencuci semua bagian karpet tapi cukup mengambil potongan yang kotor dan menggantinya dengan potongan lain.

 

2. Mudah Dipasang

Karpet jenis tile ini sangat mudah untuk dipasang. Karena bentuknya berupa potongan-potongan, karpet ini bisa dipasang dalam segala bentuk ruangan. Pemasangan karpet ini sangat mudah disesuaikan dengan bentuk dan ukuran ruangan.

 

3. Mudah Dibersihkan

Karpet jenis tile sangat mudah untuk dibersihkan. Jika ada bagian yang kotor, Anda tinggal langsung melepasnya lalu mencucinya. Tak perlu ribet-ribet mencuci karpet berukuran besar.

4. Tahan lama

Karpet ini juga tahan lama untuk digunakan. Paling tidak karpet ini bisa bertahan hingga 17 tahun lamanya. Jadi, Anda tak perlu sering-sering mengganti karpet. Namun, Anda juga harus berhati-hati dalam memilih karpet agar kualitas yang Anda dapatkan memang bagus sehingga karpet bisa bertahan untuk jangka waktu yang lama.

 

Kekurangan

Kekurangan karpet jenis ini adalah pemasangannya membutuhkan waktu yang cukup lama. Tidak seperti karpet roll yang bisa langsung dipasang dalam satu waktu tinggal digelar begitu saja di atas lantai. Karpet jenis tile ini harus dipasang satu per satu karena berupa potongan-potongan.

Dibutuhkan ketelitian dan ketelatenan dalam proses pemasangan karpet jenis tile. Mau tak mau Anda harus memasang karpet ini satu per satu. Selain itu, kekurangan lainnya adalah jika susunan tidak rapi maka karpet perlu disusun ulang. Jadi, pastikan untuk menyusun potongan karpet dengan rapi dalam sekali pasang sehingga tidak perlu disusun ulang.

Selebihnya, karpet jenis tile ini memang sangat menguntungkan. Terutama jika digunakan pada ruangan yang luas dan bentuk lantainya kotak sempurna. Tak heran jika karpet jenis ini banyak digunakan di kantor-kantor atau hotel. Selain itu, karpet ini juga tetap bisa memberikan kenyamanan dan kehangatan.

Itulah tadi sedikit informasi seputar kelebihan dan kekurangan dari karpet tile. Anda bisa berburu karpet tile murah di toko-toko furniture terdekat. Selain itu karpet ini juga banyak dijual di toko-toko online karena pengemasannya juga tergolong mudah dan bisa dikirimkan secara praktis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *