Yuk Buat Desain Kamar Mandi di Rumah yang Ramah Lingkungan

Apakah kamu seorang pecinta lingkungan yang merasa khawatir dengan  banyaknya penggunaan barang barang tidak ramah lingkungan? Akhir akhir ini memang banyak dijumpai permasalahan tersebut. Mulai dari sampah plastik yang tidak bisa diurai bakteri, hingga penggunaan barang yang tak bisa didaur ulang. Jika kamu ingin menerapkan konsep ramah lingkungan sebaiknya mulailah dari lingkup terkecil terlebih dulu, yakni kamar mandi rumah.

Kamar mandi merupakan salah satu bagian rumah yang dinilai sangat tidak ramah lingkungan. Dimana ruangan ini seringkali menggunakan barang barang yang tak bisa didaur ulang, serta menyumbangkan banyak limbah air dan sabun. Nah, untuk mengubah konsep kamar mandi menjadi lebih ramah lingkungan, kamu bisa mengaplikasikan atap baja ringan dan juga pintu UPVC kamar mandi. Material tersebut dinilai cukup aman, karena mengurangi aktivitas penebangan kayu dalam jumlah besar.

Apabila kamu berencana untuk membuat kamar mandi ramah lingkungan, sudah seharusnya kamu memperhatikan desain yang tepat. Selain itu, perhatikan juga interior dan material yang akan kamu gunakan. Biar lebih jelas, simak desain kamar mandi ramah lingkungan di bawah ini.

Membuat Desain Kamar Mandi yang Ramah Lingkungan

Untuk mendapatkan kamar mandi yang ramah lingkungan dan tetap memberi kenyamanan, kamu perlu menentukan desain yang tepat. Nah, desain tersebut antara lain sebagai berikut.

1. Pemilihan shower air yang tepat

Desain Kamar Mandi Ramah Lingkungan

Ketika berencana untuk menggunakan shower kamar mandi, sebaiknya pilihlah material shower yang ramah lingkungan. Misalnya saja dengan menggunakan shower dari bahan kayu. Penggunaan shower juga dinilai lebih hemat air, dibanding menggunakan bak mandi dan gayung ataupun kran air.

2. Jendela untuk pencahayaan alami dan sirkulasi yang baik

Desain Kamar Mandi Ramah Lingkungan

Kehadiran jendela memiliki banyak manfaat untuk kamar mandi, termasuk memberikan pencahayaan dan memperlancar sirkulasi udara. Tentu saja, desain ini bisa membuat kamar mandimu menjadi lebih sehat dan terhindar dari kelembaban. Kamu pun tak perlu lagi menggunakan exhaust fan untuk mengurangi udara lembab.

Selain itu, kamar mandimu juga lebih ramah lingkungan karena penggunaan listrik menjadi berkurang. Buatlah jendela yang bisa dibuka lebar pada bagian dinding atas, supaya sinar matahari bisa langsung masuk ke kamar mandi.

3. Pemanfaatan pengharum ruangan yang alami

Desain Kamar Mandi Ramah Lingkungan

Kamar mandimu terkadang bau dan bikin suasana ruangan jadi tidak nyaman? Dari pada menggunakan pengharum ruangan yang dijual di toko toko, ada baiknya kamu memilih pengharum ruangan yang ramah lingkungan. Contohnya saja dengan menanam tanaman bunga segar di pot, lalu letakkan di area kamar mandi yang terkena cahaya matahari. Kamu juga bisa menggunakan pengharum ruangan dari biji kopi loh.

4. Pintu dari material yang ramah lingkungan

Desain Kamar Mandi Ramah Lingkungan

Sebaiknya, pilihlah jenis pintu UPVC kamar mandi yang telah mendukung gerakan go green, karena materialnya bisa didaur ulang. Selain itu UPVC juga memiliki ketahanan terhadap panas dan dingin, sehingga tepat untuk area kamar mandi yang rawan lembab.

5. Bathtup baja

Desain Kamar Mandi Ramah Lingkungan

Ingin punya kamar mandi yang dilengkapi dengan bathtub? Lebih baik pilihlah bathtub yang terbuat dari baja, karena materialnya dapat didaur ulang. Hindarilah juga penggunaan bathtup yang dibuat dari material akrilik dan fiberglass.

6. Ubin daur ulang

Desain Kamar Mandi Ramah Lingkungan

Untuk pemilihan ubin, sebaiknya pilihlah material dari kayu gading ataupun beton yang ramah lingkungan.

Itulah tadi desain kamar mandi ramah lingkungan yang bisa kamu terapkan di rumah. Meski belum total dalam membuat ruangan yang aman bagi lingkungan, setidaknya bisa mengurangi sampah maupun limbah yang bisa mencemari lingkungan tersebut.

 

Ketahui Pemilihan Material untuk Rumah Ekonomis Berikut Ini!

Ingin punya rumah sendiri namun terkendala dana yang minim? Bagi sebagian orang, kendala ini terkadang membuatnya harus berpikir dua kali untuk meneruskan rencananya. Terlebih bagi mereka yang menginginkan rumah indah dan terkesan mewah. Padahal anggaran yang dimiliki sangat terbatas dan tidak cukup untuk biaya material dan pembangunan.

Namun kamu ngga perlu khawatir deh. Walaupun sebenarnya anggaran yang harus kamu siapkan cukup besar, tapi hal ini bisa disiasati dengan meminimalkan anggaran untuk biaya material. Kamu perlu memilih material yang terjangkau untuk rumah ekonomismu. Misalnya saja memilih bahan parket atau pelapis murah lain untuk lantai. Karena kedua material ini tersedia dalam berbagai harga, yang bisa disesuaikan dengan motif dan kualitasnya. Tak hanya itu, ada beberapa material lain yang juga sangat mendukung rumah ekonomis kamu loh.

Berbagai Material untuk Rumah Ekonomis

Bagi kamu yang ingin membuat rumah ekonomis namun tetap berkualitas dan terlihat mewah, maka bisa memilih material berikut ini.

1. Kayu gabus

Pemilihan Material untuk Rumah Ekonomis

Bahan ini mungkin belum terlalu familiar, tetapi penggunaannya sudah cukup umum dan sangatlah efektif untuk dijadikan material rumah ekonomis. Gabus sendiri adalah material yang berasal dari bagian paling luar kulit pohon ek, serta memiliki sifat ramah lingkungan. Penggunaannya biasa dijadikan sebagai material interior seperti kursi berlengan, lemari, rak, hingga pernik pernik ruangan. Keunggulan dari kayu ini adalah kemampuannya dalam mengisolasi panas, sehingga ruangan menjadi lebih sejuk saat panas.

2. Plywood

Pemilihan Material untuk Rumah Ekonomis

Material plywood yang biasa disebut dengan kayu lapis atau tripleks ini memiliki bentuk berupa lembaran kayu tipis. Lembaran tersebut dibuat dengan ketebalan beragam, minimal terbuat dari 3 lapisan kayu. Mungkin kamu beranggapan bahwa kayu tripleks kurang cocok untuk dijadikan material rumah. Padahal jika diberi sedikit sentuhan kreativitas, tampilan kayu ini akan jadi lebih indah dan menarik. Nah, beberapa interior yang bisa dibuat dari kayu lapis contohnya seperti anak tangga, lemari, pelapis tembok, rak gantung, dan lain lain.

3. Plat baja

Pemilihan Material untuk Rumah Ekonomis

Plat baja bisa kamu jadikan sebagai material pembuat bangunan untuk konsep kontainer. Model bangunan ini bisa diterapkan pada rumah di pinggir pantai, villa pribadi, ataupun beberapa bangunan seperti cafe vintage. Selain harganya yang relatif murah, kualitas material ini cukup bagus dari segi ketahanan.

4. Batako

Pemilihan Material untuk Rumah Ekonomis

Batako adalah salah satu material yang cukup sering digunakan di Indonesia. Nah untuk membuat rumah ekonomis, batako memang menjadi pilihan material yang tepat. Karena harga material ini relatif murah, serta mudah ditemukan di pasaran. Terbuat dari pencampuran antara semen, kericak, dan juga pasir, batako punya bobot yang begitu ringan dengan kekuatan seperti beton.

5. Batu bata

Pemilihan Material untuk Rumah Ekonomis

Batu bata atau bata merah juga menjadi salah satu material yang begitu populer untuk pembuatan rumah. Dengan harga yang terbilang cukup murah, kamu akan mendapatkan berbagai keunggulan penggunaannya. Misalnya saja tahan terhadap cuaca ekstrim dan bisa diterapkan untuk berbagai gaya hunian. Bagi kamu yang ingin menghemat anggaran, cobalah mengaplikasikan bata merah ini secara terekspos tanpa pelapis dibeberapa bagian rumah. Contohnya seperti bagian teras, dapur, serta ruangan belakang.

6. Lantai berbahan parket

Pemilihan Material untuk Rumah Ekonomis

Lantai dari parket bisa jadi solusi untuk interior yang mewah dan elegan dengan biaya murah. Lantai ini memiliki berbagai motif yang menyerupai kayu, sehingga bisa dijadikan material pengganti. Lantaran harga kayu cenderung lebih mahal, sehingga akan membuat bengkak anggaran pembangunanmu.

Nah, sudah tahu kan apa saja material yang bisa dipilih untuk rumah ekonomis? Dengan menggunakan material tersebut, dijamin deh rumahmu akan tetap terlihat mewah meski dengan budget yang minim!

Intip Desain Cermin Dinding Minimalis Pada Rumah dan Kantor Ini!

Banyak cara untuk membuat ruang mungil terlihat lebih luas dan nyaman, salah satunya dengan memanfaatkan kaca cermin sebagai bagian dari interior ruangan. Hasilnya, kesan lapang akan tercipta jika kaca tersebut ditempatkan pada posisi yang tepat. Berikut ini sejumlah ide desain cermin dinding minimalis yang bisa Anda lihat dan terapkan pada ruangan.

Desain Cermin Dinding Minimalis di Rumah Berdasarkan Ruangannya

cermin dinding minimalis

Kalau Anda ingin ruangan di rumah menjadi lebih “hidup” tanpa harus melakukan penataan ulang yang banyak, cukup dengan menempatkan kaca jenis ini pada spot terbaik. Tapi tetap pertimbangkan ukuran bentuk dan kesesuaiannya dengan konsep ruang yang ada.

Ruang Tamu

Pada ruang tamu Anda bisa menggunakan desain berbentuk persegi kecil yang disusun teratur, lalu ditata pada sisi dinding utama. Hal tersebut akan membuat ruang berkesan mewah dan tentunya terlihat luas tak terbatas, padahal ruang itu sebenarnya sempit. Andapun tak perlu menambahkan aksesoris lain pada dinding cukup sentuhan bunga hidup di pojok ruangan dan lampu kristal kecil di tengah atap ruangan.

Ruang Makan

Waktu makan jadi lebih ternikmati ketika di ruang makan terletak kaca, yang dulunya terbuat dari campuran logam tersebut. Desainnya bisa lebih bebas bisa berbentuk patern unik yang disusun pada satu sisi dinding, atau desain persegi besar yang menutupi satu sisi dinding. Lalu lihatlah bagaimana ia menyempurnakan interior ruangan.

Ruang Keluarga

Ruang ini bisa diberi sentuhan manis kaca cermin. Letakkan pada sisi dinding bagian atas tempat kursi diletakkan, dengan desain mozaik atau abstrak. Hal tersebut akan memberi nuansa menenangkan, nyaman dan rileks. Fungsinya di ruang tersebut juga akan sangat banyak, mulai dari media untuk mengecek penampilan, hingga memantulkan cahaya matahari dari luar.

Kamar Tidur

Bagi Anda yang punya kamar tidur berukuran terbatas, ada baiknya memanfaatkan desain kaca jenis ini untuk menambah kesan luas ruangan. Tempatkan sebagai pelapis sisi pintu di dalam ruangan, pintu lemari, atau salah satu sisi dinding.

Desain Cermin Dinding Minimalis di Kantor Berdasarkan ruangannya

Untuk bangunan kantor, kaca ini juga bisa dimanfaatkan untuk menambah keindahan ruangan. Anda cukup memilih desain kekinian yang mengikuti konsep ruang kantor, maka sebuah kesempurnaan interior akan tercipta pada tiap ruangan.

Lobi

Pada lobi Anda bisa meletakkan sebuah kaca jenis ini pada sisi utama dinding, pilih dengan rangka variatif, lalu susun secara acak. Selain bisa dijadikan media untuk melihat penampilan di pagi hari sebelum mulai kerja, juga menjadi aksesoris utama pemanis ruangan tersebut.

Ruang Kerja

Satu kaca cermin berukuran persegi besar dengan pinggiran aluminium, bisa hadirkan kesan beda pada ruang kerja. Tempatkan berseberangan dengan sisi dinding utama dan pintu masuk, jadi karyawan akan selalu cek penampilan sebelum duduk di kursi masing-masing. Selain itu, penempatan yang menantang cahaya matahari mampu memberikan pantulan cahaya lebih banyak agar ruang jadi lebih terang.

Ruang Meeting

Ruang ini juga bisa memanfaatkan keindahan desain kaca, tapi memang tak perlu dijadikan point of view utama. Tapi sebagai aksesoris tambahan dengan desain futuristik berbentuk geometri, modern berbentuk patern yang disusun sembarangan atau klasik untuk memaksimalkan kesan nyaman. Jadi selama meeting Anda tidak bosan karena ada hal unik untuk dipandang.

Tak ada yang akan membantah jika kaca yang sudah ditemukan berabad yang lalu ini, mampu memberikan sentuhan beda pada ruangan, baik di rumah ataupun kantor. Anda tinggal memastikan di mana akan menempatkannya, apa konsep ruangan itu dan ukuran terbaik yang diinginkan. Selanjutnya biarkan cermin “bekerja” memperindah ruangan dengan caranya.

Inilah Beberapa Alasan Orang Memilih Mencuci Karpet di Laundry Karpet

Karpet merupakan salah satu bagian dari dekorasi. Hal tersebut tidaklah berlebihan karena karpet memiliki berbagai desain yang menarik untuk digunakan. Selain itu, penggunaan karpet juga akan memberikan efek nyaman pada pemilik rumah. Meskipun begitu, penggunaan karpet juga tidak bisa sembarangan. Kamu harus rutin mencucinya agar karpet bisa tetap digunakan dengan nyaman. Saat ini orang cenderung memilih mencuci karpet di laundry karena jauh lebih praktis. Untuk itu, artikel ini akan membahas lebih lanjut mengenai alasan orang memilih menggunakan jasa laundry karpet.

Alasan Orang Memilih Mencuci Karpet di Laundry Karpet

Mencuci Karpet di Laundry

Mencuci karpet tile memang bisa dibilang mudah namun sedikit merepotkan. Hal tersebut karena dimensi yang cukup lebar dan bahan yang tebal. Untuk itu, kamu bisa menggunakan jasa laundry karpet yang banyak bermunculan di sekitar rumah kamu. Namun, jika masih bimbang apakah harus menggunakan jasa laundry atau tidak, mungkin beberapa alasan ini bisa membantu kamu dalam menemukan jawaban kebimbanganmu itu. Inilah beberapa alasan orang memilih menggunakan jasa laundry karpet daripada mencuci sendiri.

1. Mudah dan praktis

Salah satu alasan untuk menggunakan bantuan jasa adalah kemudahan dan kepraktisan. Dengan menggunakan jasa laundry karpet, kamu akan bisa merasakan kemudahan dan kepraktisan bila dibandingkan mencuci sendiri. Untuk itu, jika waktu kamu sangat berharga dan tidak ingin lelah karena mencuci, pilihlah jasa laundry karpet yang sesuai dengan keinginan.

2. Dikerjakan oleh ahlinya

Para pemilik jasa laundry karpet biasanya memiliki keahlian khusus yang tidak bisa didapatkan oleh orang lain. Keahlian itu bisa bersumber dari kursus, mencari informasi, atau mendapatkan pengarahan dari suatu lembaga. Daripada khawatir karpet tile milikmu rusak, sebaiknya gunakan cara ini agar bisa mendapatkan hasil maksimal dengan mencuci. Hindari proses cuci yang sembarangan karena bisa berdampak pada kerusakan karpet yang kamu miliki.

3. Proses pengeringan yang cepat

Salah satu kendala yang dihadapi pada proses pencucian adalah lamanya pengeringan. Hal tersebut karena karpet memiliki bahan yang tebal bila dibandingkan dengan bahan kain yang lain. Salah satu keunggulan jasa laundry karpet adalah adanya teknologi dry clean yang membuat karpet bisa dicuci tanpa menggunakan air. Selain itu, jasa laundry karpet biasanya memiliki alat pengering khusus yang membuat karpet akan jauh lebih cepat mengering.

4. Pelayanan jemput bola

Untuk layanan yang ini memang tidak semua tempat menyediakannya. Namun, kamu bisa memilih jasa laundry yang menyediakan layanan antar dan jemput karpet. Hal tersebut sangat cocok untuk kamu yang tidak ingin ribet membawa karpet ke tempat laundry.

5. Mendapatkan garansi bersih dan wangi

Salah satu hal yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan jasa laundry karpet adalah adanya garansi karpet tersebut bersih dan wangi. Hal tersebut bertujuan agar pelanggan puas dan melakukan repeat order. Tentunya hal tersebut sangat penting karena jika pelayanan tidak memuaskan, sebaiknya cari jasa yang memang profesional dalam melakukan hal tersebut.

Demikianlah artikel ringkas mengenai beberapa alasan orang dalam memilih mencuci karpet di laundry karpet. Jika dari beberapa alasan di atas ada yang sama dengan yang kamu alami, berarti kamu harus mencoba juga menggunakan jasa laundry karpet. Pastikan penyedia jasa tersebut memang yang terbaik sehingga nantinya tidak akan ada kesalahan. Semoga berbagai informasi tersebut dapat membantu ya.

Ini Dia Berbagai Pertimbangan Saat Merancang Interior

Siapa sih yang nggak kepingin memiliki rumah idaman yang nyaman dengan interior yang indah? Setiap orang pasti ingin memiliki interior hunian yang seperti itu. Apalagi rumah adalah tempat untuk berkumpul seluruh anggota keluarga. Anda pasti ingin dong nyaman dan betah saat di dalamnya?

Namun untuk mewujudkannya, ada banyak hal yang perlu anda pertimbangkan. Termasuk memikirkan beberapa aspek penting dalam merancang interior hunian anda, misalnya saja mempertimbangkan bagian lantai dengan memilih interior vinyl flooring. Nah, biar anda tidak kesulitan dalam merancang interior rumah, cobalah beberapa pertimbangan ini!

Pertimbangan Penting Dalam Merancang Interior Rumah

Inilah beberapa pertimbangan penting yang harus anda pikirkan saat merancang interior rumah. Yu mari disimak baik-baik berbagai informasinya yaa.

1. Pemilihan warna

Rumah yang indah dan nyaman, ternyata juga bisa didapat dari pemilihan warna yang tepat. Namun dalam mempertimbangkan warna, anda perlu menyesuaikannya dengan konsep hunian yang akan digunakan. Konsep warna ini bisa anda dapatkan dari cat dinding, kesatuan perabot dan furniture, dan berbagai warna lain dalam hunian anda.

2. Lampu pencahayaan

Dalam merancang interior rumah, mempertimbangkan penggunaan lampu adalah satu hal yang ngga boleh dilewatkan. Lampu ini bisa anda pilih tergantung dari desain rumah dan selera, misalnya saja pemilihan lampu gantung, lampu bohlam, lampu tempel, dan sebagainya. Untuk mendapatkan kesan yang dramatis dan romantis, anda juga bisa mempertimbangkan lampu dengan cahaya kekuningan.

3. Cahaya alami

Merancang Interior 2

Dengan memanfaatkan cahaya alami dari sinar matahari, anda tak perlu lagi menyalakan lampu saat siang hari. Untuk mendapatkan cahaya dari luar, pilihlah jendela kaca, ataupun jendela yang bisa dibuka tutup. Pemanfaatan cahaya matahari ini, bisa bikin rumah anda terlihat natural dan terasa nyaman loh.

4. Aksen tirai atau gorden

Mempertimbangkan penempatan gorden,  ternyata ngga hanya memperindah interior rumah. Namun kehadiran gorden ini juga bisa menampilkan kesan luas pada hunian, serta memberikan privasi penghuninya.

5. Lantai

Dalam merancang interior rumah, lantai juga perlu untuk anda prioritaskan. Apalagi saat ini ada banyak pilihan material lantai yang memiliki tampilan keren. Contohnya saja seperti lantai vinyl yang punya berbagai kelebihan dalam pengaplikasiannya. Beberapa keunggulannya yakni pilihan desain yang beragam, serta harga vinyl lantai yang terjangkau.

6. Furniture

Furniture memiliki peranan penting yang bisa memperkuat tampilan interior rumah anda. Berbagai jenis furniture yang perlu ada dalam sebuah rumah contohnya adalah meja dan kursi di ruang tamu. Pilihlah desain yang unik dan sesuai dengan personality anda, misalnya pemilihan meja dan sofa dengan warna terang, ataupun model vintage.

7. Karpet

Nah, biar menambah tampilan interior yang makin kece, aplikasikan juga nih karpet pada area tertentu di rumah anda. Karpet ini bisa jadi pelengkap vinyl flooring di lantai rumah. Penempatan karpet tersebut juga harus anda sesuaikan dengan jenisnya loh. Sebaiknya gunakanlah karpet jenis wol di kamar tidur maupun ruang keluarga. Sementara karpet tile bisa diaplikasikan di ruang tamu anda.

Nah, itulah tadi 7 pertimbangan penting yang anda perlukan saat ingin merancang interior rumah. Yuk segera rancang desain rumah keren anda!

6 Tips untuk Menghadirkan Interior yang Cantik pada Hunianmu

Apakah anda merasa bahwa desain interior rumah terlihat monoton dan terkesan membosankan? Beberapa orang mungkin saja pernah mengalami hal ini. Apalagi jika kondisi rumah sudah berusia cukup lama serta jarang dilakukan renovasi. Kondisi rumah seperti ini, tentu saja akan membuat penghuninya tidak betah di rumah.

Jika mengalami permasalahan tersebut, sudah seharusnya anda segera untuk melakukan perubahan interior yang lebih cantik dan menarik. Misalnya saja dengan merubah beberapa aspek seperti cat dinding, furnitur, perabot, serta tirai jendela.

Desain interior hunian yang cantik dan terlihat menarik seperti ini, pastinya diidamkan oleh setiap penghuni rumah. Nah, biar anda tidak kebingungan dalam mendekorasi interiornya, beberapa tips ini bisa loh anda terapkan.

Tips Menghadirkan Interior Rumah yang Cantik

Untuk menghadirkan interior yang cantik pada rumah, anda bisa menerapkan beberapa tips berikut ini.

1. Tambahkanlah aksesoris ruangan yang menarik

Beberapa aksesoris menarik bisa anda gunakan untuk menambah tampilan cantik dalam ruangan. Contohnya seperti vas bunga, batu hias, guci, dan sebagainya. Aksesoris ini bisa anda letakkan di area seperti atas rak, meja, serta sudut ruangan.

2. Dekorasi interior dengan tanaman hias

interior dengan tanaman hias

Untuk dekorasi ini, anda bisa memilih menggunakan jenis tanaman plastik dan juga tanaman segar. Tanaman plastik bisa anda tempatkan di dalam kamar tidur, sehingga tidak akan mengganggu pernafasan anda. Sementara pada ruangan lain, lebih baik menggunakan tanaman segar untuk melancarkan sirkulasi udara. Taruhlah pot pot tanaman ini di dekat tirai jendela, untuk memberikan kesan menyegarkan saat jendela dibuka. Kehadiran tanaman segar ini, bisa memberikan efek sejuk serta interior yang cantik loh.

3. Hiasan dinding yang unik

Biar ruangan makin cantik, sebaiknya anda memberikan aksen berupa hiasan dinding yang unik. Tentu saja aksen ini akan melengkapi dekorasi interior ruangan, dibandingkan hanya membiarkan dinding anda polos. Beberapa hiasan yang bisa anda pakai seperti lukisan, rak gantung, cermin, dan lain lain.

4. Perhatikan kombinasi warna ruangan

Ruangan yang cantik, ternyata tidak hanya didapatkan dari perabot di dalamnya. Tapi anda pun bisa memilih kombinasi warna yang sesuai untuk mempercantik ruangan. Kesesuaian warna ini bisa anda padukan dari beberapa interior seperti cat dinding, sofa, meja, furniture, karpet, serta gorden jendela.

5. Pilihlah pencahayaan yang sesuai

Pencahayaan yang tepat

Pencahayaan yang tepat, tentu akan sangat mempengaruhi tampilan interior ruangan. Pencahayaan ini bisa anda dapatkan dari sinar matahari secara langsung dan juga penambahan lampu. Untuk menampilkan ruangan yang cantik, sebaiknya gunakanlah pencahayaan alami di siang hari. Sedangkan untuk malam hari, anda bisa menggunakan jenis lampu yang putih terang dan lampu kuning.

6. Gantilah furniture yang sudah tidak layak pakai

Perabot ataupun furniture yang telah rusak, tentu akan membuat tampilan interior rumah menjadi tampak tua dan kurang menarik. Misalnya saja sofa yang hampir jebol, serat karpet yang mulai rontok, serta gorden jendela yang sudah tampak usang. Sebaiknya, segera gantilah furniture lama ini dengan yang baru.

Itulah tadi 6 tips untuk menghadirkan interior yang cantik ada ruangan anda. Yuk segera wujudkan interior rumah cantikmu!

Durasi Pengerjaan Epoxy Lantai Menggunakan Metode Floor Harderner

Semua proses konstruksi yang dikerjakan dengan rapi, disiplin dan sesuai SOP (Standar Operation Procedure) sudah tentu akan menghasilkan bangunan yang kuat dan tahan lama. Di antara banyak bagian dalam proses konstruksi besar atau pun kecil, dikenal kemudian istilah floor hardener.

Banyak kemudian jasa konstruksi besar yang menjadikan proses ini sebagai bagian penting dari konstruksi mereka. Yang kemudian jika diperhatikan lebih lanjut bahwa langkah ini merupakan bagian dari upaya menghasilkan konstruksi bangunan yang kokoh dan sempurna.

Lantas, apa sebenarnya yang dimaksud dengan bahan pengeras lantai, bagaimana prosesnya, berapa lama waktu aplikasinya, dan apa pula manfaat dari proses ini? Nah berikut hal tersebut akan dibahas lebih lanjut.

Pengertian Pengeras Lantai, Durasi, Metode, Serta Manfaatnya Dalam Konstruksi

Dalam pengertian yang sederhana, floor hardener dapat diterjemahkan sebagai pengeras lantai epoxy. Namun jika dikaitkan dengan fungsi dan tata cara prosesnya dalam teknik konstruksi, maka pengertian ini dapat diperluas lagi sebagai sebuah metode pengerasan lantai beton menggunakan campuran berbagai macam partikel yang relevan untuk mendapatkan lantai beton epoxy dengan tingkat soliditas yang maksimal

Untuk metode pengerasan lantai sebenarnya cukup sederhana, material yang berisi partikel solid diratakan pada permukaan lantai. Partikel-partikel yang ada dalam material floor hardener sika atau tipe lainnya kemudian akan bercampur dalam permukaan dan mampu memperkuat beton dengan sangat baik. Proses pengerjaannya yang sempurna dalam aplikasi teknik ini bahkan mampu membuat pori-pori lantai yang memungkinkan adanya respirasi udara, dapat tertutup dengan sempurna. Dan pada hasilnya konstruksi lantai akan sangat kuat dan solid.

Untuk manfaat dari proses pengerasan lantai sendiri tentu yang pertama adalah untuk membuat lifetime atau umur lantai beton epoxy bertahan lebih lama. Lantai yang dikerjakan dengan benar prosedur konstruksinya, kemudian dilapisi pula permukaannya dengan teknik hardener, bahkan mampu bertahan melebihi standar usia lantai pada umumnya.

Tahapan  Hardener Lantai

Durasi dan Tahapan  Hardener Lantai yang Umumnya Diterapkan

Proses hardener atau pengerasan pada lantai tentu saja terdiri dari beberapa tahapan. Namun secara garis besar, berbagai tahapan  ini dapat dibagi dalam tiga fase utama saja. Fase-fase tersebut adalah sebagai berikut;

  • Fase Persiapan Lantai

Dalam fase pertama ini dilakukan semacam analisis yang akurat tentang kebutuhan material hardener lantai yang akan menjadi objek proyek. Termasuk dalam analisa ini adalah berapa luas lantai, dan berapa pula kemudian kebutuhan hardenernya.

Pada fase pertama ini pula perlu untuk dijelaskan peruntukan lantai tersebut di kemudian hari. Ada klasifikasi jumlah dan kualitas hardener yang signifikan misalnya untuk lantai parkir basement, atau lantai gedung pabrik yang bisa menopang mesin-mesin sangat  berat.

  • Fase Perataan Lantai Beton

Setelah dilakukan proses pengecoran, langkah selanjutnya adalah dengan meratakan permukaan lantai secara sempurna. Setelah rata barulah kemudian floor hardener sika siap ditaburkan dan diratakan.

  • Fase Penghalusan

Fase ketiga atau terakhir sebagai proses dari pengerasan lantai adalah dengan penghalusan. Hal ini dilakukan tentu saja setelah permukaan lantai beton telah dicor, diratakan, kemudian diberi hardener. Dengan bantuan trowel, proses penghalusan dapat dilakukan lebih optimal dan efisien.

Jika semua proses ini dilakukan dengan lancar, durasi pengerjaan pengerasan lantai beton epoxy dengan metode floor hardener sebenarnya tidak begitu lama.  Bahkan jika dikerjakan oleh jasa profesional yang berpengalaman, proses bisa saja lebih singkat dengan hasil yang juga tidak kalah optimal.

Berbagai Persiapan Penting Untuk Membuka Usaha Toko Karpet

Kebutuhan akan interior kini memang makin meningkat seiring tren hunian yang modern. Banyak orang mendekorasi rumah mereka agar tampil indah bahkan terlihat mewah. Salah satunya yakni menambahkan sentuhan pada lantai dengan mengaplikasikan karpet. Kesempatan ini seringkali dimanfaatkan oleh pebisnis handal untuk membuka usaha toko karpet lantai.

Namun dalam membuka toko karpet, anda tidak hanya sekedar berjualan dan menunggu customer datang loh. Ada banyak hal yang sangat penting untuk anda persiapkan. Misalnya saja macam macam jenis karpet beserta harga karpet yang akan anda jual. Tentu saja persiapan ini sangatlah penting sebagai pendukung suksesnya bisnis anda.

Kelebihan Memilih Jenis Usaha Toko Karpet

Memilih jenis usaha jual beli karpet, memang dinilai sangat menguntungkan. Karena tingginya kebutuhan akan pemakaian karpet, membuat toko anda cenderung laris dan sering dikunjungi customer. Apalagi jika anda cenderung mengikuti model karpet yang sedang tren. Bisa dipastikan bahwa customer akan setia deh berlangganan di toko anda.

Membuka usaha toko karpet sangatlah berbeda dibandingkan usaha lainnya seperti toko kue, jajanan restoran, dan lain lain. Produk jualan anda bisa bertahan lama hingga tahunan, sehingga meminimalkan resiko kerugian karena expired. Nah, berbagai kelebihan berbisnis toko karpet ini tentu membuat anda tertarik untuk membuka bisnis bukan? Namun sebelumnya, anda perlu melakukan persiapan yang tepat loh.

Persiapan yang Perlu  Anda Lakukan Saat Ingin Membuka Toko Karpet

Biar usaha toko karpet berjalan lancar, anda harus melakukan persiapan dengan sangat matang. Misalnya dengan mempersiapkan hal ini.

1. Pengetahuan seputar karpet lantai

Sebagai pemilik toko karpet, anda harus mengetahui berbagai jenis karpet yang tersedia di pasaran. Misalnya saja jenis karpet dari bahan bahan kulit hewan, sutra, nylon, wol, tile, polipropilen, vinyl, dan juga bahan katun.

Masing masing bahan tentu memiliki kelebihan serta kekurangan yang harus anda ketahui. Karena terkadang customer kurang mengetahui seluk beluk karpet sehingga akan bertanya pada anda. Sebagai orang yang professional, tentu anda harus menguasai produk jualan anda bukan?

2. Modal

Dalam membuka sebuah bisnis, tentu modal menjadi salah satu persiapan yang sangat penting. Apalagi untuk membuka usaha karpet, anda memerlukan modal yang tak sedikit. Untuk meminimalisir modal, anda bisa terlebih dulu menjual karpet yang sedang tren di pasaran. Sehingga karpet anda bisa laris terjual, serta menambah modal untuk mengembangkan usaha.

3. Buatlah toko anda unik

Agar mampu bersaing dengan competitor, anda harus memiliki keunikan yang membuat customer lebih tertarik untuk belanja karpet di toko anda. Berikanlah pelayanan yang tidak dimiliki oleh competitor anda.  Misalnya saja anda menjual karpet yang tengah hits,  memberikan diskon untuk pembelanjaan yang kedua, ataupun melayani delivery. Meski terlihat sepele, tapi customer akan lebih respect dan merasa terbantu loh.

4. Pelayanan yang terbaik

Dalam membuka sebuah usaha, anda harus menerapkan prinsip bahwa customer adalah raja. Dengan begitu, dijamin deh pembeli di toko anda akan merasa puas atas pelayanan yang diberikan. Apalagi hal ini sangatlah menguntungkan, karena pelanggan akan setia untuk mempercayakan kebutuhan karpetnya di toko anda. Ditambah jika customer mempromosikan toko anda karena pelayanannya yang baik. Bisa makin laris deh usaha anda diserbu pembeli?

Persiapan di atas sangatlah penting anda terapkan. Anda tentu tidak ingin bukan jika harga karpet anda kalah dari pesaing? Maka dari itu, anda tidak boleh terburu buru sebelum memiliki persiapan yang matang.

 

Biar Tampak Keren, Pilih 4 Tipe Gorden ini Untuk Tempat Tinggal di Apartemen Anda

Memilliki sebuah apartemen tentu membuat anda harus memikirkan dekorasinya supaya tetap tampak keren dan menarik. Pastikan setiap sisi anda perhatikan keindahannya dengan seksama, termasuk juga bagian sepeleh seperti roller blind untuk gorden jendela. Walupun harga untuk roller blind bervariasi, namun jika anda tepat memilihnya maka akan menambah keindahan apartemen anda.

Gorden menjadi salah satu hal sepeleh yang harus benar-benar anda perhatikan untuk menambah kenyamanan sekaligus memertahankan keindahan tempat tinggal di apartemen. Salah dalam memilihnya, maka bisa membuat apartemen anda menjadi tampak buruk dan tentunya mengganggu sekali ketika ada tamu datang. Tidak peduli apakah harga roller blind murah atau tidak karena yang terpenting adalah nyaman dan menarik.

Berikut ini merupakan empat tipe gorden yang cocok untuk anda pilih untuk tempat tinggal di apartemen anda.

Gorden Tipe Sheer Sederhana Tapi Menarik

Gorden Tipe Sheer

Jenis gorden pertama yang cocok untuk tempat tinggal anda di apartemen ialah gorden tipe Sheer. Gorden tipe ini memili tema dan warna cerah dan cenderung putih karena dengan menggunakan gorden ini cahaya di apartemen anda akan lebih menyebar. Penggunaan gorden sheer ini pun sangat cocok dipadukan dengan roller blind apapun baik harga untuk roller blind itu murah ataupun mahal sekalipun.

Harga roller blind tidak akan berpengaruh pada penggunaan gorden jenis ini karena gorden ini sebenarnya sederhana namun tetap menarik. Penggunaannya tidak akan terlalu menghalangi cahaya masuk, namun juga tidak terlalu membiarkan semua cahaya masuk sehingga sangat cocok untuk apartemen anda.

Gorden Tipe Cascades Efisien dan Efektif

Gorden Tipe Cascades

Tipe gorden selanjutnya ialah tipe Cascades yang lebih efisien dan efektif dalam pemakainannya. Hal tersebut lantaran gorden ini tidak terlalu banyak menggunakan kain seperti tipe sebelumnya sehingga akan menghemat biaya. Selain itu, harga untuk roller blind murah atau tidak yang anda gunakan untuk gorden tipe ini tidak akan berpengaruh.

Harga roller blind hanya akan berpengaruh pada gorden tipe Cascades jika anda menyukai model yang lain dari biasanya, seperti warna dan bahan yang kontras. Tipe gorden Cascades sangat cocok untuk tempat tinggal apartemen yang memiliki ukuran minimalis.

Gorden Tipe Valances Cantik

Gorden Tipe Valances

Gorden tipe Valances yang cantik dan indah ini juga sangat cocok untuk tempat tinggal anda di apartemen. Gorden dengan tipe klasik ini memang sampai sekarang masih belum kehilangan pesona untuk diletakkan di setiap sudut ruangan. Harga roller blind murah pun tak akan menjadi masalah saat anda menggunakan gorden tipe Valances ini karena roller blind tersebut akan tertutupi oleh gorden ini.

Gorden Jendela Tipe Blind Simpel

Gorden Jendela Tipe Blind

Gorden yang paling pas untuk menggunakan roller blind ialah gorden tipe blind sendiri. Namun, bukan berarti tipe-tipe sebelumnya tidak bisa menggunakan roller blind karena sekarang banyak modifikasi yang biasa dilakukan pada gorden. Harga roller blind yang relatif menyesuaikan kemampuan finansial anda pun akan sangat pas bila menggunakan tipe gorden ini di apartemen anda.

Itulah empat tipe gorden yang bisa anda gunakan untuk mempercantik dan membuat nyaman apartemen anda. Jangan khawatirkan jika roller blind tidak sesuai dengan tipe gorden tersebut karena banyak modifikasi yang bisa dilakukan sesuai dengan keinginan anda karena apartemen anda adalah rumah anda dan itu terserah anda.

Ciptakan Balkon Nyaman Dengan Tips Berikut Ini!

Bangunan tingkat belum lengkap kalau belum ada balkon. Rasa-rasanya pun yang menjadi hal menarik dari bangunan bertingkat terletak pada balkonnya. Balkon memberikan sensasi pemandangan lebih luas dan cantik dari atas ketinggian. Semakin tinggi, akan semakin indah pula pemandangan yang terlihat. Namun anehnya ada saja yang tidak memanfaatkan balkon dengan maksimal. Alih-alih malah dijadikan sebagai ruang menjemur pakaian. Sangat disayangkan bukan padahal fungsi balkon bisa lebih dari itu. Apalagi kalau nantinya air dari jemuran pakaian merembes sampai terlihat di langit-langit lantai bawah. Tentu akan mengurangi nilai estetika rumah Anda. Untuk itu Anda bisa gunakan jasa waterproofing Jakarta dengan harga yang bersaing.

Memanfaatkan ruang terbuka sebagai balkon bisa menambahkan mood kamu menjadi lebih baik lagi dan penuh dengan semangat. Sebab ada banyak hal yang bisa kamu lakukan selama berada di balkon sambil menikmati pemandangan dari atas ditemani dengan terpaan angin serta secangkir kopi. Balkon bisa menjadi tempat untuk mencari ketenangan, inspirasi baru serta tempat untuk merenung. Tidak perlu Anda jauh-jauh pergi ke hotel bintang lima untuk mendapatkan pemandangan dan suasana yang nyaman. Cukup maksimalkan balkon yang Anda miliki. Jika kebetulan Anda memiliki area yang cukup luas untuk balkon maka Anda bisa sekaligus menghadirkan kolam renang pribadi. Namun untuk membuat kolam renang di lantai atas harus melibatkan jasa waterproofing membrane agar lebih kokoh dan tidak merusak lapisan lantai.

Memiliki lahan sempit seperti halnya jika Anda tinggal di apartemen bukan halangan bagi Anda untuk membuat balkon yang cozy. Anda bisa ikuti beberapa tips menciptakan balkon nyaman versi Anda dengan lahan yang ada.

Railing Yang Aman

 

Nyaman bukan berarti menghilangkan faktor keamanan. Salah satu faktor keamanan terpenting saat Anda memutuskan untuk menghidupkan bagian balkon adalah pagar atau railing balkon. Selain fungsinya sebagai pengaman, penggunaan material dan desain railing yang tepat juga bisa menambahkan unsur estetika pada balkon Anda. Selain itu railing juga bisa menahan pandangan sesuai dengan ketinggian yang Anda pasang. Hal ini dimaksudkan untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu Anda, anggota keluarga yang lain atau tamu yang datang memiliki phobia terhadap ketinggian, maka railing dapat berfungsi dengan baik.

Furniture Pelengkap

balkon

 

Tidak lengkap rasanya kalau balkon bagus tetapi hanya kosong saja. Meski Anda tetap bisa berdiri dan bersandar pada birai balkon, akan lebih nyaman jika Anda menyediakan kursi dan meja. Anda bisa bersantai atau mengisi waktu luang Anda dengan melakukan pekerjaan dan hobi di balkon. Seperti membaca buku, mendengarkan musik, membuat tulisan blog, membuat konsep vlog atau merancang sketsa. Tidak perlu menempatkan terlalu banyak barang. Cukup dua kursi dan satu meja sebagai pemanis. Jangan lupa tambahkan aksen pemanis seperti vas bunga atau ornamen tulisan dan lukisan agar balkon Anda menjadi lebih hidup.

Taman Vertikal

 

Balkon Taman Vertikal

Dengan melihat nuansa hijau, pikiran seolah direlaksasi agar bisa lebih jernih dan ringan untuk dibawa bekerja kembali. Nuansa hijau ini dapat Anda ciptakan di balkon Anda. Jangan khawatir balkon Anda yang minimalis, taman ini tidak akan membutuhkan banyak ruang sebab didesain dengan konsep vertikal. Anda bisa menyiapkan beberapa pot dan tali untuk membuat rantaian pot gantung yang berisi beberapa tumbuhan hijau yang ringan. Agar terlihat lebih asri dan tidak lupa menghadirkan kesan elegan maka pilihlan pot kecil dengan warna putih. Jangan lupa untuk disiram agar tumbuhan yang Anda tanam tetap subur.

Atap Rumah/Bagian Atas Rumah

 

balkon atap

Meski berada di atas, ada baiknya balkon tetap diberi atap. Apa jadinya jika balkon kamu terbuka sementara Anda ingin menikmatinya di siang hari. Bila matahari bersinar maka Anda akan kepanasan dan jika langit sedang mendung maka Anda akan kehujanan. Atap bisa dijadikan pelindung serta tambahan aksen estetik jika Anda cukup cermat dalam memilih material dan warna yang pas. Jangan lupa untuk menggunakan jasa waterproofing membrane agar balkon Anda semakin nyaman dan terhindar dari kebocoran.

Yang perlu diperhatikan untuk hunian bertingkat, terlepas dari apakah Anda akan menghidupkan balkon atau tidak, menggunakan jasa waterproofing membrane adalah pilihan bijaksana untuk tidak menghancurkan lapisan lantai bagian bawah.