Bahan Sederhana Untuk Mengolah Lem Wallpaper Sendiri, Mudah Dan Murah

Mengolah Lem Wallpaper Sendiri

Wallpaper dinding adalah salah satu komponen dekorasi rumah yang saat ini sangatlah populer, di mana banyak sekali orang yang memilih menggunakan wallpaper karena memiliki motif yang beragam serta sangat mudah pemasangan dan juga pelepasannya. Menggunakan wallpaper sendiri dapat dikatakan lebih praktis, walaupun hingga saat ini cat masih menjadi pilihan utama untuk memberikan warna pada dinding rumah. Wallpaper sendiri memiliki desain dan motif yang sangat banyak, di mana wallpaper ini sendiri memiliki beberapa jenis tema yang dapat disesuaikan untuk menjadi wallpaper dinding kamar anak.

Untuk memasang wallpaper dinding, tentu saja diperlukan perekat atau lem berkualitas agar dapat membuat wallpaper terpasang dengan erat. Ada beberapa jenis lem khusus wallpaper yang memang dapat Anda temukan di toko penjual wallpaper, akan tetapi jika ingin menghemat biaya Anda juga bisa mengolah lem wallpaper sendiri dengan menggunakan bahan sederhana yang biasanya ada di rumah. Caranya sendiri cukup mudah dan cepat serta dapat menghasilkan lem wallpaper yang cukup berkualitas.

Mengolah Lem Wallpaper Sendiri

Cara Mengolah Lem Wallpaper di Rumah Dengan Bahan Sederhana

Membuat lem wallpaper sendiri tidak menjadi masalah, karena hal ini dapat mengurangi pengeluaran dan juga memastikan bahan lem aman terlebih lagi jika Anda ingin menjaga kesehatan buah hati dengan menggunakan wallpaper dinding kamar anak. Namun, bukan berarti lem khusus wallpaper berbahaya, hanya saja dengan menggunakan lem buatan sendiri tentu saja akan membuat Anda merasa lebih nyaman di rumah. Berikut ini adalah  cara mengolah lem wallpaper di rumah dengan bahan sederhana :

1. Bahan dan alat.

Pertama-tama Anda harus menyiapkan bahan seperti 1,5 cangkir tepung terigu, 0.5 cangkir gula putih, 2 buah panci, dan tawas. Anda dapat menambahkan beberapa bahan tambahan lai n seperti cengkeh atau kayu manis. Semua bahan ini sendiri tentu saja sangat mudah untuk Anda temukan di rumah ataupun di toko-toko kebutuhan rumah tangga.

2. Pembuatan lem.

Selanjutnya, jika semua bahan dan alat sudah terkumpul Anda dapat mencampurkan semua bahan ke dalam panci dengan menambahkan 1 gelas air kecuali tawas, aduk menggunakan adukan seperti whisk hingga semua tercampur rata, lalu rebus dengan api sedang. Jika sudah rata, Anda dapat mengisi panci lain dengan 2 gelas air dan panaskan hingga mendidih.

Air mendidih ini dapat Anda tuangkan ke dalam campuran pertama dan aduk dengan menggunkana sendok. Setelah semua tercampur, Anda dapat mematikan kompor dan menambahkan 1 sendok makan tawas kemudian aduk hingga campuran mengeras. Diamkan dan simpan pada ruangan atau tempat yang kedap udara. Jika campuran terasa terlalu keras, Anda dapat menambahkan air secara perlahan hingga mencapai kekentalan yang tepat.

3. Bahan tambahan.

Sudah disebutkan di atas, bahwa Anda dapat menambahkan cengkeh ataupun juga kayu manis. Di mana jika Anda ingin menambahkan cengkeh dapat menggunkana double boiler yang telah diisi 1 cangkir tepung dan 3 sendok makan tawas lalu tambahkan air hingga mencapai kekentalan yang pas kemudian rebus dengan api sedang. Jika campuran sudah berbentuk seperti pasta, Anda dapat mematikan kompor dan tunggu hingga dingin baru dapat Anda tambahkan minyak cengkeh sebanyak sepuluh tetes dan masukan ke dalam botol.

Sedangkan untuk bahan menggunakan kayu manis, Anda dapat menambahkan 1/3 tepung terigu dan 2 sendok makan gula putih, aduk hingga rata dan mengental di atas api kecil. Setelah semua sudah tercampur dan adonan sudah kental dengan pas, baru Anda tambahkan ¼ sendok makan minyak kayu manis lalu aduk rata dan simpan pada botol kaca yang bersih.

Itu adalah beberapa cara mengolah lem wallpaper dari bahan-bahan sederhana yang caranya pun sangat mudah dan cepat. Bagi Anda yang ingin menggunakan wallpaper pada kamar anak, dapat mencari penutup dinding ini di tempat Greenwall.co.id yang menyediakan berbagai jenis motif dan juga gambar yang cocok untuk buah hati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *