Cara-cara Membersihkan Lantai Parket Berdasarkan Jenis Noda Yang Mengotorinya

Cara-cara Membersihkan Lantai Parket

Lantai parket termasuk jenis lantai yang digemari. Hal ini dikarenakan lantai parket dapat memberikan sentuhan yang menarik dan unik pada ruangan. Dengan manfaat yang cukup besar, harga dan biaya pemasangan lantai berbahan parket murah dan juga praktis dalam pemasangan. Maka tidak mengherankan parket semakin sering dipertimbangkan untuk dipilih sebagai material lantai pada hunian masa kini.

Namun tahukah Anda bahwa merawat parket memiliki trik sendiri? Tidak merepotkan jika Anda tahu cara-caranya yang tepat. Sebaliknya, jika Anda salah memperlakukan lantai parket Anda, maka parket termasuk mudah mengalami cacat atau kerusakan. Mulai dari goresan akibat lap pembersih yang terlalu kasar, sampai lengkungan yang merusak.

Oleh karena itu, mengetahui cara-cara membersihkan lantai parket yang baik dan benar penting untuk diketahui. Karena ada cara-cara pembersihan yang berbeda berdasakan jenis noda yang mengotorinya.

Membersihkan dari debu sehari-hari

Walaupun parket murah, namun parket membuat ruangan lebih elegan, selama kebersihannya terjaga. Untuk membersihkan parket dari debu sehari-hari adalah dengan cara menyapunya menggunakan sapu yang memiliki bulu halus.

Sapu lantai dari bahan jerami padi merupakan yang terbaik. Jangan gunakan sapu lidi atau sapu lantai dari bahan bulu plastik, karena akan dengan mudah menggores parket dan meninggalkan garis di permukaan lantai parket Anda.

Mengepel parket dengan air panas

Untuk menjaga kualitas parket, gunakan air panas saat mengepel lantai. Bukan berarti harus air yang mendidih. Tapi cukup panas untuk mengepel parket. Anda dapat mengepel parket sebulan sekali atau sesuai kebutuhan. Peras kain pel dengan baik, jangan terlalu basah berlebihan. Pel semua noda hingga bersih, dan keringkan dengan baik. Anda harus segera mengeringkan parket acapkali selesai dibersihkan.

Membersihkan Noda Dengan Cairan Pembersih Kuku

Aseton atau cairan pembersih kuku mempunyai manfaat lain. Anda bisa menggunakan aseton untuk membersihkan lantai parket dari noda semir sepatu atau noda cat kuku. Sehingga parket murah Anda akan bersih kembali dan tampak mahal.

Membersihkan Parket Dengan Pembersih Jendela

Noda darah termasuk jenis noda yang sulit dibersihkan. Apalagi jika sudah mengering, kian lama akan kian sulit dibersihkan. Jika lantai parket Anda terkena noda darah, maka bersihkan permukaan lantai parket dengan cairan pembersih kaca jendela. Ini akan membuat lantai parket Anda bersih kembali.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Karpet Tile

Mengatasi Parket Kusam

Jika Anda melihat lantai parket murah mulai kusam, atau terkena noda lumpur, cara mengatasinya cukup mudah. Buatlah campuran 60 ml cuka dan 1 Liter Air bersih. Semprotkan campuran cairan itu ke permukaan parket yang kusam dan bersihkan dengan kain pel, kemudian segera keringkan.

Membersihkan Parket Dengan Peralatan Khusus

 

  • Kain Mikrofiber : Lantai parket sebagai tempat beraktivitas anak-anak, tidak jarang akan sering terkena tumpahan makanan atau minuman. Jika lantai parket Anda terkena noda minuman yang lengket atau krayon, segera bersihkan dengan menggunakan kain microfiber. Pastikan kain dalam kondisi agak lembab.
  • Pisau plastik : Lain halnya jika Anda mendapati ada bekas permen karet di atas permukaan lantai parket. Basahi lantai dengan air, lalu bersihkan dengan pisau plastik dengan perlahan dan hati-hati agar lantaI Anda tidak tergores.
  • Es batu : Dapat digunakan untuk menyingkirkan lemak yang menempel. Bekukan lemak dengan es batu, kemudian angkat secara hati-hati dengan pisau plastik.
  • Penghapus Pensil :  Noda bekas tumit kaki di permukaan lantai parket, ternyata dapat dibersihkan dengan mudah menggunakan penghapus pensil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *