Ciptakan Balkon Nyaman Dengan Tips Berikut Ini!

Bangunan tingkat belum lengkap kalau belum ada balkon. Rasa-rasanya pun yang menjadi hal menarik dari bangunan bertingkat terletak pada balkonnya. Balkon memberikan sensasi pemandangan lebih luas dan cantik dari atas ketinggian. Semakin tinggi, akan semakin indah pula pemandangan yang terlihat. Namun anehnya ada saja yang tidak memanfaatkan balkon dengan maksimal. Alih-alih malah dijadikan sebagai ruang menjemur pakaian. Sangat disayangkan bukan padahal fungsi balkon bisa lebih dari itu. Apalagi kalau nantinya air dari jemuran pakaian merembes sampai terlihat di langit-langit lantai bawah. Tentu akan mengurangi nilai estetika rumah Anda. Untuk itu Anda bisa gunakan jasa waterproofing Jakarta dengan harga yang bersaing.

Memanfaatkan ruang terbuka sebagai balkon bisa menambahkan mood kamu menjadi lebih baik lagi dan penuh dengan semangat. Sebab ada banyak hal yang bisa kamu lakukan selama berada di balkon sambil menikmati pemandangan dari atas ditemani dengan terpaan angin serta secangkir kopi. Balkon bisa menjadi tempat untuk mencari ketenangan, inspirasi baru serta tempat untuk merenung. Tidak perlu Anda jauh-jauh pergi ke hotel bintang lima untuk mendapatkan pemandangan dan suasana yang nyaman. Cukup maksimalkan balkon yang Anda miliki. Jika kebetulan Anda memiliki area yang cukup luas untuk balkon maka Anda bisa sekaligus menghadirkan kolam renang pribadi. Namun untuk membuat kolam renang di lantai atas harus melibatkan jasa waterproofing membrane agar lebih kokoh dan tidak merusak lapisan lantai.

Memiliki lahan sempit seperti halnya jika Anda tinggal di apartemen bukan halangan bagi Anda untuk membuat balkon yang cozy. Anda bisa ikuti beberapa tips menciptakan balkon nyaman versi Anda dengan lahan yang ada.

Railing Yang Aman

 

Nyaman bukan berarti menghilangkan faktor keamanan. Salah satu faktor keamanan terpenting saat Anda memutuskan untuk menghidupkan bagian balkon adalah pagar atau railing balkon. Selain fungsinya sebagai pengaman, penggunaan material dan desain railing yang tepat juga bisa menambahkan unsur estetika pada balkon Anda. Selain itu railing juga bisa menahan pandangan sesuai dengan ketinggian yang Anda pasang. Hal ini dimaksudkan untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu Anda, anggota keluarga yang lain atau tamu yang datang memiliki phobia terhadap ketinggian, maka railing dapat berfungsi dengan baik.

Furniture Pelengkap

balkon

 

Tidak lengkap rasanya kalau balkon bagus tetapi hanya kosong saja. Meski Anda tetap bisa berdiri dan bersandar pada birai balkon, akan lebih nyaman jika Anda menyediakan kursi dan meja. Anda bisa bersantai atau mengisi waktu luang Anda dengan melakukan pekerjaan dan hobi di balkon. Seperti membaca buku, mendengarkan musik, membuat tulisan blog, membuat konsep vlog atau merancang sketsa. Tidak perlu menempatkan terlalu banyak barang. Cukup dua kursi dan satu meja sebagai pemanis. Jangan lupa tambahkan aksen pemanis seperti vas bunga atau ornamen tulisan dan lukisan agar balkon Anda menjadi lebih hidup.

Taman Vertikal

 

Balkon Taman Vertikal

Dengan melihat nuansa hijau, pikiran seolah direlaksasi agar bisa lebih jernih dan ringan untuk dibawa bekerja kembali. Nuansa hijau ini dapat Anda ciptakan di balkon Anda. Jangan khawatir balkon Anda yang minimalis, taman ini tidak akan membutuhkan banyak ruang sebab didesain dengan konsep vertikal. Anda bisa menyiapkan beberapa pot dan tali untuk membuat rantaian pot gantung yang berisi beberapa tumbuhan hijau yang ringan. Agar terlihat lebih asri dan tidak lupa menghadirkan kesan elegan maka pilihlan pot kecil dengan warna putih. Jangan lupa untuk disiram agar tumbuhan yang Anda tanam tetap subur.

Atap Rumah/Bagian Atas Rumah

 

balkon atap

Meski berada di atas, ada baiknya balkon tetap diberi atap. Apa jadinya jika balkon kamu terbuka sementara Anda ingin menikmatinya di siang hari. Bila matahari bersinar maka Anda akan kepanasan dan jika langit sedang mendung maka Anda akan kehujanan. Atap bisa dijadikan pelindung serta tambahan aksen estetik jika Anda cukup cermat dalam memilih material dan warna yang pas. Jangan lupa untuk menggunakan jasa waterproofing membrane agar balkon Anda semakin nyaman dan terhindar dari kebocoran.

Yang perlu diperhatikan untuk hunian bertingkat, terlepas dari apakah Anda akan menghidupkan balkon atau tidak, menggunakan jasa waterproofing membrane adalah pilihan bijaksana untuk tidak menghancurkan lapisan lantai bagian bawah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *