Yuk Buat Desain Kamar Mandi di Rumah yang Ramah Lingkungan

Desain Kamar Mandi Ramah Lingkungan

Apakah kamu seorang pecinta lingkungan yang merasa khawatir dengan  banyaknya penggunaan barang barang tidak ramah lingkungan? Akhir akhir ini memang banyak dijumpai permasalahan tersebut. Mulai dari sampah plastik yang tidak bisa diurai bakteri, hingga penggunaan barang yang tak bisa didaur ulang. Jika kamu ingin menerapkan konsep ramah lingkungan sebaiknya mulailah dari lingkup terkecil terlebih dulu, yakni kamar mandi rumah.

Kamar mandi merupakan salah satu bagian rumah yang dinilai sangat tidak ramah lingkungan. Dimana ruangan ini seringkali menggunakan barang barang yang tak bisa didaur ulang, serta menyumbangkan banyak limbah air dan sabun. Nah, untuk mengubah konsep kamar mandi menjadi lebih ramah lingkungan, kamu bisa mengaplikasikan atap baja ringan dan juga pintu UPVC kamar mandi. Material tersebut dinilai cukup aman, karena mengurangi aktivitas penebangan kayu dalam jumlah besar.

Apabila kamu berencana untuk membuat kamar mandi ramah lingkungan, sudah seharusnya kamu memperhatikan desain yang tepat. Selain itu, perhatikan juga interior dan material yang akan kamu gunakan. Biar lebih jelas, simak desain kamar mandi ramah lingkungan di bawah ini.

Membuat Desain Kamar Mandi yang Ramah Lingkungan

Untuk mendapatkan kamar mandi yang ramah lingkungan dan tetap memberi kenyamanan, kamu perlu menentukan desain yang tepat. Nah, desain tersebut antara lain sebagai berikut.

1. Pemilihan shower air yang tepat

Desain Kamar Mandi Ramah Lingkungan

Ketika berencana untuk menggunakan shower kamar mandi, sebaiknya pilihlah material shower yang ramah lingkungan. Misalnya saja dengan menggunakan shower dari bahan kayu. Penggunaan shower juga dinilai lebih hemat air, dibanding menggunakan bak mandi dan gayung ataupun kran air.

2. Jendela untuk pencahayaan alami dan sirkulasi yang baik

Desain Kamar Mandi Ramah Lingkungan

Kehadiran jendela memiliki banyak manfaat untuk kamar mandi, termasuk memberikan pencahayaan dan memperlancar sirkulasi udara. Tentu saja, desain ini bisa membuat kamar mandimu menjadi lebih sehat dan terhindar dari kelembaban. Kamu pun tak perlu lagi menggunakan exhaust fan untuk mengurangi udara lembab.

Selain itu, kamar mandimu juga lebih ramah lingkungan karena penggunaan listrik menjadi berkurang. Buatlah jendela yang bisa dibuka lebar pada bagian dinding atas, supaya sinar matahari bisa langsung masuk ke kamar mandi.

3. Pemanfaatan pengharum ruangan yang alami

Desain Kamar Mandi Ramah Lingkungan

Kamar mandimu terkadang bau dan bikin suasana ruangan jadi tidak nyaman? Dari pada menggunakan pengharum ruangan yang dijual di toko toko, ada baiknya kamu memilih pengharum ruangan yang ramah lingkungan. Contohnya saja dengan menanam tanaman bunga segar di pot, lalu letakkan di area kamar mandi yang terkena cahaya matahari. Kamu juga bisa menggunakan pengharum ruangan dari biji kopi loh.

4. Pintu dari material yang ramah lingkungan

Desain Kamar Mandi Ramah Lingkungan

Sebaiknya, pilihlah jenis pintu UPVC kamar mandi yang telah mendukung gerakan go green, karena materialnya bisa didaur ulang. Selain itu UPVC juga memiliki ketahanan terhadap panas dan dingin, sehingga tepat untuk area kamar mandi yang rawan lembab.

5. Bathtup baja

Desain Kamar Mandi Ramah Lingkungan

Ingin punya kamar mandi yang dilengkapi dengan bathtub? Lebih baik pilihlah bathtub yang terbuat dari baja, karena materialnya dapat didaur ulang. Hindarilah juga penggunaan bathtup yang dibuat dari material akrilik dan fiberglass.

6. Ubin daur ulang

Desain Kamar Mandi Ramah Lingkungan

Untuk pemilihan ubin, sebaiknya pilihlah material dari kayu gading ataupun beton yang ramah lingkungan.

Itulah tadi desain kamar mandi ramah lingkungan yang bisa kamu terapkan di rumah. Meski belum total dalam membuat ruangan yang aman bagi lingkungan, setidaknya bisa mengurangi sampah maupun limbah yang bisa mencemari lingkungan tersebut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *