Jenis Aksesoris dan Perlengkapan Kabel Tray

Aksesoris dan Perlengkapan Kabel Tray

Untuk memasang instalasi kabel listrik, banyak perlengkapan yang mendukung agar kabel tersusun dengan rapi dan bisa mengalirkan arus listrik dengan baik. Salah satu yang tak pernah ketinggalan adalah kabel tray, yaitu sebuah sistem pengaturan kabel yang biasa dipakai dalam sebuah instalasi. Dalam penggunaannya dibutuhkan aksesoris pelengkap yang wajib ada, mau tahu apa saja?

7 Aksesoris Kabel Tray

Setidaknya ada tujuh aksesoris kabel ini yang biasa dipakai, untuk memaksimalkan fungsi pengaturan instalasi. Masing-masing punya fungsi berbeda, dengan bentuk yang berbeda pula.

1. Elbow

Yaitu perlengkapan tray yang fungsinya merubah jalur atau arah dari kabel, bisa menuju kanan atau kiri. Dengan bentuk letter L dan terbuat dari bahan hot rolled coil yang sama dengan tray, soal ukuran sangat bervariasi dari panjang dan lebar 5 sentimeter hingga 100 x 10 sentimeter.

2. IR

Adalah aksesoris dengan bentuk seperti mainan perosotan Taman Kanak-Kanak, fungsinya adalah untuk mengganti arah jalur kabel dari bawah ke atas atau mendaki naik sehingga kabel bisa tetap tersusun dengan rapi. Berbahan hot rolled coil, IR memiliki beberapa tipe yang sering digunakan. Beratnya berkisar antara 1,2 kg hingga 11 kg tergantung ukurannya.

3. OR

Kebalikan dari IR, OR merupakan aksesoris untuk merubah jalur kabel dari atas ke bawah atau turun. Bentuknya juga kebalikan dari IR, dengan bahan pembuatan kebanyakan dari hot rolled coil.  Tipenya juga sama dengan IR dengan berat maksimal 9,2 kg. Anda bisa memilih ukuran yang tepat, sesuai jenis kabel yang akan dirapikan dan dimana akan ditempatkan nanti.

4. Tee

Seperti pada pipa sambungan yang berbentuk T, tee merupakan aksesoris kabel yang berfungsi sebagai titik temu jalur kabel dari tiga arah. Sehingga tidak terjadi tumpang tindih kabel, dan mempermudah saat perawatan. Biasanya harga kabel tray  tak jauh beda dengan yang satu ini, tergantung ukurannya saja. Makin besar ukurannya akan makin mahal harganya.

Dengan berat antara 2 kg hingga 30 kg, tee banyak dipakai pada bangunan dengan banyak jalur kabel. Jika dibiarkan berantakan tanpa aksesoris ini selain berpotensi menimbulkan arus pendek, secara estetika tampilan juga akan sangat buruk.

5. Cross

Fungsi dari aksesoris yang satu ini lebih kompleks ketimbang tee, karena berbentuk tanda “+” yang akan menghubungkan empat jalur kabel dengan rapi. Dengan bahan terbuat dari hot rolled coil kabel ini memiliki 21 tipe, Anda bisa memilih sesuai kebutuhan agar pengaturan kabel jadi lebih sempurna.

6. Reduser

Adalah aksesoris kabel tray yang berfungsi untuk merapikan dua jalur kabel dengan lebar yang berbeda, sehingga arus listrik bisa mengalir dengan aman pada kabel lebih kecil dan besar. Jika tidak dirapikan dengan perlengkapan ini, bisa saja terjadi arus pendek.

7. Aksesoris Perubah Arah Kabel Tray C Atau U

Ada juga beberapa jenis aksesoris berukuran kecil yang akan membantu merapikan kabel dengan tipe C atau U. Ada yang namanya jointing, braket, cover, stand plate, angle, hingga hanger set. Masing-masing punya tugas penting, tapi Anda tak perlu membeli semuanya cukup pilih yang benar-benar akan digunakan saja.

Itulah tujuh jenis aksesoris dari sistem kabel instalasi listrik, walaupun harga kabel tray lebih mahal dari aksesoris ini namun soal fungsi akan menyempurnakan kegunaan sistem pengaturan kabel tersebut. Jika masih bingung untuk memilih aksesoris mana, cukup koordinasikan dengan teknisi listrik agar tidak salah beli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *