Beberapa Kelebihan Dan Kekurangan Kanopi Baja Ringan

Kelebihan Dan Kekurangan Kanopi Baja Ringan

Kanopi merupakan bagian rumah yang penting untuk meredam panas matahari yang sangat menyengat. Selain itu, kanopi juga digunakan untuk menambah nilai estetika sebuah bangunan. Banyak sekali material yang bisa digunakan untuk membuat kanopi, salah satunya adalah baja ringan. Kanopi baja ringan banyak digemari karena memiliki bentuk yang menarik dan harganya juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Material baja ringan tidak membutuhkan perawatan khusus sehingga tidak mudah rusak. Dengan begitu Anda bisa menghemat biaya perawatan secara lebih maksimal. Material ini memiliki komponen yang padat sehingga mampu digunakan untuk jangka waktu yang lain. Hal ini membuat baja ringan sangat cocok digunakan pada daerah rumah yang sering mengalami gempa.

Kelebihan Kanopi Baja Ringan

Kelebihan Dan Kekurangan Kanopi Baja Ringan

Setiap material penyusun komponen rumah tentu akan memiliki kelebihan dan juga kekurangan. Untuk itu, sebelum memilih material yang cocok, sebaiknya Anda telah memahami apa saja kelebihan dan kekurangannya. Dengan begitu Anda bisa menghindari berbagai hal buruk yang mungkin terjadi. Berikut simaklah beberapa kelebihan material baja ringan untuk kanopi.

1. Harga ekonomis

Bagi Anda yang memiliki anggaran pas-pasan pilihan tepat untuk memilih material baja ringan, karena harga kanopi baja ringan sangatlah ekonomis dan bisa disesuaikan dengan jumlah anggaran yang dimiliki. Dari proses pemasangan, harga bahan, hingga biaya perawatan relatif murah dan terjangkau

2. Anti karat

Kanopi baja ringan tidak mudah terkena karatan yang bisa mengakibatkan besi menjadi keropos. Hal tersebut terjadi karena material baja ringan terbentuk dari campuran dasar bahan zinc aluminium dan zinc sehingga mampu bersifat anti karat. Hal ini membuat baja ringan menjadi material yang awet dan tidak membutuhkan biaya perawatan khusus. Anda hanya perlu membersihkannya secara teratur saja.

3. Material anti memuai dan menyusut

Baja ringan merupakan material yang tidak mudah memuai atau menyusut sehingga mampu bertahan di berbagai kondisi cuaca. Meskipun sudah digunakan untuk waktu yang cukup lama, material ini tidak akan mengalami perubahan dan tetap terlihat seperti baru. Dengan begitu Anda tidak perlu khawatir dengan perubahan yang mungkin terjadi setelah kanopi dipakai lama, karena hal tersebut tidak akan terjadi.

Kekurangan Kanopi Baja Ringan

Jika dibandingkan dengan material lain, baja ringan memang memiliki keunggulan yang bisa diandalkan. Meskipun begitu, terdapat aspek lain yang terlihat tidak sempurna sehingga menjadi kelemahan dari material baja ringan. Berikut uraiannya.

1. Perlu ketelitian saat proses pemasangan

Proses penyambungan setiap komponen kanopi harus menggunakan baut, bukan menggunakan besi atau paku. Kelemahan dari sistem ini adalah sambungannya yang mudah terlepas jika tidak dipasang dengan baik dan teliti. Untuk itu dibutuhkan tenaga ahli yang berpengalaman untuk memasangnya agar tetap kokoh meskipun sering terkena hembusan angin yang kencang.

2. Tampilan kurang menarik

Bentuk kanopi yang dihasilkan oleh material baja ringan akan terlihat kurang rapi karena membutuhkan banyak sambungan. Jika sambungan tidak dikaitkan dengan erat, maka bisa sana atap terjatuh ketika terkena angin kencang. Hal inilah yang membuat penampilan kanopi berbahan baja ringan kurang terlihat menawan.

Harga kanopi baja ringan dijual sangat beragam, tergantung dari besar ukuran dan juga ketebalan yang Anda inginkan. Setelah mengetahui kelebihan dan juga kekurangan kanopi berbahan baja ringan, Anda bisa mendapatkan bahan pertimbangan terbaik untuk memilih material yang sesuai dengan kebutuhan. Pilihlah jasa pemasangan kanopi yang berpengalaman agar prosesnya bisa berjalan dengan cepat dengan hasil yang memuaskan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *