Model Kipas Angin yang Tepat Berdasarkan Ruangan

Kipas Angin Dinding

Akhir – akhir ini beberapa belahan di Indonesia merasakan kemarau yang cukup panjang. Di beberapa kota suhu dapat mencapai 33 derajat celcius. Hal ini menyebabkan sensasi gerah mulai menjadi suatu masalah serius. Untuk mengurangi kegerahan tersebut beberapa orang menggunakan cara praktis yaitu AC dan kipas angin. Penggunaan AC dan kipas dirumah pun kian bertambah. Namun karena biaya penggunaan AC yang cukup besar membuat peminat kipas angin lebih banyak daripada AC.

Kipas Angin merupakan perangkat elektronik yang memanfaatkan arus listrik untuk bergerak memutar dan menghembuskan angin. Pemanfaatan sumber arus listrik ini dianggap berhubungan erat dengan harga kipas angin dan juga pemasangannya. Contohnya model kipas angin gantung yang menggunakan plafon gypsum. Tidak perlu khawatir, kamu dapat menggunakan plafon gypsum murah.

Model Kipas Angin yang Tepat Berdasarkan Ruangan

Tentunya bukan hanya penggunaan plafon gypsum yang bisa digunakan oleh semua model kipas angin. Untuk itu, sebelum memutuskan penggunaan kipas angin dengan model tertentu, ada baiknya kamu mengenali beberapa di antaranya. Berikut penjelasan mengenai model kipas angin yang tepat berdasarkan ruangan.

1. Kipas Angin Duduk

 

Kipas Angin Duduk

Model kipas angin duduk sangat sering digunakan. Penggunaannya juga lebih sering ditempatkan dibawah, sehingga tidak menjangkau bagian atas karena kipas angin ini hanya berputar 360 derajat kekiri dan kekanan. Hal tersebut menjadi kelemahan dari kipas angin ini.

2. Kipas Angin Meja

 

Kipas Angin Meja

Hampir sama seperti kipas angin duduk, kipas angin dengan model ini memiliki ukuran yang juga kecil. Tetapi biasanya kipas angin meja lebih kecil lagi. Penggunaan dari kipas angin meja biasanya pada meja kerja yang ada dirumah. Jenis kipas angin ini juga dikenal dengan sebutan portable fan. Kipas angin meja memiliki sedikit kelebihan dibanding kipas angin duduk yaitu bentuknya yang memiliki leher. Leher pada kipas angin meja dapat diarahkan keatas maupun kebawah, sehingga jangkauannya lebih luas dibanding kipas angin duduk.

3. Kipas Angin Berdiri

 

Kipas Angin Berdiri

Setelah kedua jenis diatas, maka terdapat jenis kipas angin berdiri yang tentunya memiliki jangkauan lebih besar. Jenis ini biasanya digunakan pada sebuah ruangan yang sedikit lebih besar dari meja kerjamu. Kelebihannya adalah tinggi leher kipas angin yang bisa disesuaikan, sehingga penggunaannya juga lebih banyak dari kedua jenis kipas angin diatas.

4. Kipas Angin Dinding

 

Kipas Angin Dinding

Jenis kipas angin dinding sering kita lihat pada ruangan kantor atau kelas sekolah maupun kantor dan pertokoan. Kekurangan dari kipas angin dinding adalah posisi nya yang permanen dan sulit untuk dipindah – pindahkan. Namun, kipas angin memiliki kelebihan yaitu dapat memperluas jangkauan area.

5. Kipas Angin Dua Putaran (Exhaust Fan)

 

Kipas Angin Dua Putaran

Jenis kipas angin ini jarang ditemukan, karena penggunaanya yang berbeda dari jenis kipas yang lainnya. Kipas ini memiliki dua putaran yaitu in dan out. Maksudnya adalah putaran udara masuk ke dalam ruangan dan putaran udara keluar ruangan. Kipas angin ini juga terlihat aneh karena posisi nya yang berada didalam dinding. Kipas angin jenis ini juga bisa kita temukan pada perangkat komputer dalam bentuk yang lebih kecil.

6. Kipas Angin Gantung

 

Kipas Angin Gantung

Kipas angin gantung sering kita lihat pada ruang tamu rumah. Dilihat dari namanya, kipas angin gantung ditempatkan pada atap atau langit langit rumah. Jenis kipas angin ini dapat digunakan pada ruangan yang cukup luas dan tinggi. Biasanya kipas angin ditempelkan pada plafon rumah dengan berbagai jenis. Namun, kamu bisa menggunakan plafon gypsum karena harga palfon gypsum yang lebih murah dibanding jenis lainnya.

Selain hanya menempatkan kipas diatas plafon, kita juga bisa menambah desain seperti tambahan lampu warna warni. Karena plafon gypsum murah dan terjangkau maka jenis ini sering digunakan. Tak perlu khawatir lagi kan sekarang?

Nah, sekarang kamu bisa memilih model yang tepat untuk ruangan mu yang ingin diberi kipas angin dan  Jangan sampai salah memilih ya, karena dapat membuat ruanganmu semakin sempit loh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *