Mau Pasang Sliding Door? Supaya Aman Pertimbangkan Ini Dulu

Pasang Sliding Door Supaya Aman

Berkembangnya desain dan dekorasi untuk sebuah rumah membawa ragam referensi tersendiri bagi seseorang dalam membangun hunian impian yang bukan hanya nyaman, tetapi juga terlihat mewah. Dari segala komponen yang ada, pintu menjadi salah satu yang mengalami perkembangan dari segi desain interior. Lihat saja, kita sudah amat sering menjumpai desain pintu yang bermodelkan buka tutup di hampir semua rumah. Namun, kini kita juga bisa menemukan penggunaan sliding door atau desain pintu yang memungkinkan untuk digeser. Salah satu kelebihan dari pintu jenis ini adalah dapat menyesuaikan dengan rumah yang lahannya terbatas, sehingga menimbulkan kesan luas dan tentunya elegan.

Anda dapat melihat juga bagaimana rumah-rumah di Jepang menggunakan konsep pintu jenis ini. Tren dan manfaatnya tersebutlah yang membuat sliding door akhirnya mulai diminati dan coba diterapkan oleh banyak orang untuk hunian mereka. Dalam beberapa opsi, penggunaan jenis ini sebenarnya bukan hanya untuk pintu, namun juga dinding, jendela, ataupun sekat.

Nah bagi Anda yang tertarik ingin menggunakan pintu jenis ini, ada baiknya mengetahui beberapa hal sebagai pertimbangan sebelum Anda benar-benar menggunakan pintu geser ini. Apa saja? Berikut ulasannya.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan

Pertama-tama, mengenai desainnya atau tampilannya beragam. Mulai dari kaca, kayu, kusen, hingga alumunium. Anda yang telah membuat konsep ruangan dengan sangat apik, tentunya tak perlu khawatir, karena ketidaksamaan konsep antara pintu dan komponen lainnya. Ragam desain ini membuat Anda dapat menentukan mana pintu geser yang Anda inginkan. Sebab, dalam konsep sebuah desain hunian, setiap komponen yang digunakan harus dalam satu tema konsep yang sama. Sebaliknya, bila satu sama lain konsepnya tak mendukung, maka akan menghasilkan konsep yang tidak kuat.

Kedua mengenai warna. Pemilihan warna juga tak boleh sembarangan. Anda disarankan memilih sliding door dengan warna yang netral atau terang. Warna-warna yang demikian ini meliputi cokelat, putih, dan bata. Warna yang netral atau terang dapat memberikan kesan positif pada ruangan. Misalnya ruangan terlihat lebih luas, soft, dan bersih. Anda tak disarankan untuk memilih warna hitam. Warna ini menimbulkan kesan yang seram dan gelap. Namun tentu, warna yang Anda pilih harus sesuai dengan konsep ruangan yang Anda usung.

Yang selanjutnya mengenai perawatannya. Untuk melakukan perawatan pada pintu jenis ini, tak bisa disamakan dengan pintu bermodel buka tutup. Perawatan pada pintu geser ini lebih khusus. Hal ini karena pada pintu tersebut terdapat roda dan jalur railing yang tentunya tidak bisa diperlakukan sembarangan. Bila perawatan pada kedua komponen tersebut tak diperhatikan, akan menimbulkan karat sehingga menyebabkan macet dan pintu tak bisa digeser dengan lancar. Dengan demikian, Anda membutuhkan biaya yang lebih sedikit dibanding dengan jenis lainnya.

Yang terakhir mengenai harga. Karena sliding door memiliki treatment dan komponen khusus, maka sudah pasti harganya lebih mahal bila dibandingkan dengan pintu bermodel buka tutup. Namun bukan berarti, Anda tidak memiliki pilihan. Sebab harga pada pintu geser ini tentunya dipengaruhi oleh model dan kualitas dari pintu itu sendiri. Maka dari itu, bila ingin tetap menghemat jumlah pengeluaran. Anda tetap bisa memilih jenis dengan material yang baik dan desain tampilan yang sederhana atau tidak terlalu rumit.

Pada dasarnya, pintu jenis ini sangat amat layak untuk Anda gunakan di rumah. Jenis pintu ini amat modern namun tetap mampu menyesuaikan konsep rumah yang Anda milliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *