Ketahui Pemilihan Material untuk Rumah Ekonomis Berikut Ini!

Pemilihan Material untuk Rumah Ekonomis

Ingin punya rumah sendiri namun terkendala dana yang minim? Bagi sebagian orang, kendala ini terkadang membuatnya harus berpikir dua kali untuk meneruskan rencananya. Terlebih bagi mereka yang menginginkan rumah indah dan terkesan mewah. Padahal anggaran yang dimiliki sangat terbatas dan tidak cukup untuk biaya material dan pembangunan.

Namun kamu ngga perlu khawatir deh. Walaupun sebenarnya anggaran yang harus kamu siapkan cukup besar, tapi hal ini bisa disiasati dengan meminimalkan anggaran untuk biaya material. Kamu perlu memilih material yang terjangkau untuk rumah ekonomismu. Misalnya saja memilih bahan parket atau pelapis murah lain untuk lantai. Karena kedua material ini tersedia dalam berbagai harga, yang bisa disesuaikan dengan motif dan kualitasnya. Tak hanya itu, ada beberapa material lain yang juga sangat mendukung rumah ekonomis kamu loh.

Berbagai Material untuk Rumah Ekonomis

Bagi kamu yang ingin membuat rumah ekonomis namun tetap berkualitas dan terlihat mewah, maka bisa memilih material berikut ini.

1. Kayu gabus

Pemilihan Material untuk Rumah Ekonomis

Bahan ini mungkin belum terlalu familiar, tetapi penggunaannya sudah cukup umum dan sangatlah efektif untuk dijadikan material rumah ekonomis. Gabus sendiri adalah material yang berasal dari bagian paling luar kulit pohon ek, serta memiliki sifat ramah lingkungan. Penggunaannya biasa dijadikan sebagai material interior seperti kursi berlengan, lemari, rak, hingga pernik pernik ruangan. Keunggulan dari kayu ini adalah kemampuannya dalam mengisolasi panas, sehingga ruangan menjadi lebih sejuk saat panas.

2. Plywood

Pemilihan Material untuk Rumah Ekonomis

Material plywood yang biasa disebut dengan kayu lapis atau tripleks ini memiliki bentuk berupa lembaran kayu tipis. Lembaran tersebut dibuat dengan ketebalan beragam, minimal terbuat dari 3 lapisan kayu. Mungkin kamu beranggapan bahwa kayu tripleks kurang cocok untuk dijadikan material rumah. Padahal jika diberi sedikit sentuhan kreativitas, tampilan kayu ini akan jadi lebih indah dan menarik. Nah, beberapa interior yang bisa dibuat dari kayu lapis contohnya seperti anak tangga, lemari, pelapis tembok, rak gantung, dan lain lain.

3. Plat baja

Pemilihan Material untuk Rumah Ekonomis

Plat baja bisa kamu jadikan sebagai material pembuat bangunan untuk konsep kontainer. Model bangunan ini bisa diterapkan pada rumah di pinggir pantai, villa pribadi, ataupun beberapa bangunan seperti cafe vintage. Selain harganya yang relatif murah, kualitas material ini cukup bagus dari segi ketahanan.

4. Batako

Pemilihan Material untuk Rumah Ekonomis

Batako adalah salah satu material yang cukup sering digunakan di Indonesia. Nah untuk membuat rumah ekonomis, batako memang menjadi pilihan material yang tepat. Karena harga material ini relatif murah, serta mudah ditemukan di pasaran. Terbuat dari pencampuran antara semen, kericak, dan juga pasir, batako punya bobot yang begitu ringan dengan kekuatan seperti beton.

5. Batu bata

Pemilihan Material untuk Rumah Ekonomis

Batu bata atau bata merah juga menjadi salah satu material yang begitu populer untuk pembuatan rumah. Dengan harga yang terbilang cukup murah, kamu akan mendapatkan berbagai keunggulan penggunaannya. Misalnya saja tahan terhadap cuaca ekstrim dan bisa diterapkan untuk berbagai gaya hunian. Bagi kamu yang ingin menghemat anggaran, cobalah mengaplikasikan bata merah ini secara terekspos tanpa pelapis dibeberapa bagian rumah. Contohnya seperti bagian teras, dapur, serta ruangan belakang.

6. Lantai berbahan parket

Pemilihan Material untuk Rumah Ekonomis

Lantai dari parket bisa jadi solusi untuk interior yang mewah dan elegan dengan biaya murah. Lantai ini memiliki berbagai motif yang menyerupai kayu, sehingga bisa dijadikan material pengganti. Lantaran harga kayu cenderung lebih mahal, sehingga akan membuat bengkak anggaran pembangunanmu.

Nah, sudah tahu kan apa saja material yang bisa dipilih untuk rumah ekonomis? Dengan menggunakan material tersebut, dijamin deh rumahmu akan tetap terlihat mewah meski dengan budget yang minim!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *