Pengaturan Panel Listrik Pada Gedung Hotel Yang Harus Diketahui

Pengaturan Panel Listrik Pada Gedung Hotel

Bangunan hotel bukan hanya terdiri dari bangunan fisik semata, tetapi satu kesatuan dari banyak unsur hingga menyuguhkan tampilan bangunan yang indah, dan menarik orang untuk menginap. Membangun hotel diperlukan perencanaan dan penataan yang tepat, baik secara gedung fisiknya maupun bagian-bagian di dalamnya salah satunya adalah instalasi listrik. Apalagi pencahayaan dapat membuat ruangan terlihat menarik dan memberikan suasana yang nyaman bila diatur dengan tepat.

Hotel berbintang merupakan konsumen komersial yang umumnya menggunakan instalasi listrik 3 phase. Jika gedung hotel berbintang yang kapasitasnya besar, rata-rata mengambil tegangan menengah 20 KV dari PLN. Sedangkan hotel yang memiliki gedung dengan kapasitas yang kecil, biasanya hanya menggunakan distribusi listrik tegangan rendah dari PLN.

Instalasi listrik gedung berbintang juga merupakan hal penting pada perancangan bangunan dan konstruksinya. Jika bangunan hotel memiliki desain gedung yang rumit maka diperlukan syarat dan standarisasi instalasi listrik yang benar demi menghindari kesalahan ataupun kecelakaan pada bangunan. Maka dari itu, ada beberapa hal yang perlu kita ketahui untuk mengatur ketenagalistrikan gedung berhotel dalam perancangan serta pemasangannya, demi terciptanya keamanan barang maupun konsumen hotel.

Pekerjaan instalasi listrik gedung hotel hanya boleh dilakukan oleh perusahaan dengan surat Ijin Instalasi dan istansi berwenang yang dapat mengerjakannya. Kontraktor hvac merupakan instansi yang sudah memiliki sertifikat/surat ijin yang sesuai, sehingga anda dapat mengajak kerjasama untuk mengatur instalasi listrik gedung hotel. Instalasi listrik mencangkup kegiatan penyaluran daya listrik melalui panel listrik.

Panel Listrik Gedung Hotel

Panel Listrik Gedung Hotel

Panel listrik adalah perangkat yang membantu menyalurkan, mendistribusikan tenaga listrik dari pusat sumber listrik (PLN atau generator set) ke pengguna listrik. Panel listrik terbagi menjadi 2 jenis yaitu panel daya dan panel distribusi listrik, dimana memiliki fungsi untuk memudahkan pembagian energi listrik secara merata ke seluruh gedung hotel. Ada beberapa syarat yang harus dilakukan dalam pemasangan panel listrik.

Kontraktor listrik sebagai kontraktor terpercaya mengungkapkan syarat pertama pemasangan panel listrik adalah pemasangan panel listrik harus aman terhadap manusia, bangunan, serta lingkungan sekitar. Kedua, sebuah panel listrik harus memenuhi fungsi sebagai pusat distribusi tenaga listrik sebelum nantinya akan digunakan oleh pengguna listrik. Ketiga, panel listrik yang aman adalah memenuhi sistem pengamanan instalasi listrik sebagai sakelar on atau off power listrik.

Fungsi utama dari adanya panel-panel distribusi adalah untuk mendistribusikan daya listirk yang seuai dengan kebutuhan baik penerangan maupun stop kontak. Panel distribusi listrik akan memndistribusikan daya listrik ke pompa, AC, dan berbagai macam elektronik. Fungsi selanjutnya dari adanya panel-panel distribusi adalah untuk mendistribusikan daya listrik ke mesin-mesin penunjuang produksi yang ada di dalam hotel.

Kontraktor hvac merupakan jasa kontraktor yang dapat anda percayai untuk mengatur instalasi listrik gedung hotel. Pada bangunan hotel yang menggunakan sumber listrik dari PLN akan menggunakan gardu tegangan menengah PLN sebagai panel ditribusiannya yang akan memnghubungkan gardu dengan panel tegangan rendah.

Sedangkan gedung hotel yang memakai daya listrik cadangan dari generator set ketika daya listrik utama dari PLN terputus akan terhubung dengan panel utama tegangan rendah. Adanya sistem penataan panel listrik yang tepat pada gedung hotel akan dapat membuat segala aktivitas di dalamnya akan berjalan lancar dan nyaman. Baik pekerja hotel maupun konsumen hotel dapat menikmati kegiatan dengan aman dan nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *