Kenali Perbedaan Mesin Bor Duduk dan Bor Tangan

Perbedaan Mesin Bor Duduk dan Bor Tangan

Perkembangan teknologi yang semakin maju dibidang kontruksi mendorong lahirnya sebuah mesin yang bisa melakukan tugas pengeboran, sehingga pekerjaan manusia terasa lebih ringan. Mesin bor merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk membuat lubang, penghalusan, serta alur yang lebih akurat dan presisi dibanding menggunakan paku dan palu konvensional.

Perbedaan Mesin Bor Tangan dan Bor Duduk

Cara kerja bor mesin adalah dengan memutarkan mata bor dengan kecepatan tinggi kemudian diarahkan pada sumbu atau titik yang sudah ditentukan. Nah kali ini yang akan kita bahas adalah bor mesin tangan dengan bor mesin duduk, meski sama-sama bor tenyata keduanya memiliki perbedaan yang signifikan loh. Penasaran apa saja, yuk cap cus disimak!

Bor tangan

Perbedaan Mesin Bor Duduk dan Bor Tangan

Sesuai dengan namanya, cara pengoperasian bor ini adalah dengan menggunakan tangan. Dilihat sekilas bentuknya hampir mirip seperti pistol dengan ujungnya yang lancip berisi mata bor lengkap dengan tuas pegangan. Biasanya bor tangan menggunakan aliran listrik, jadi jika ingin menggunakan harus ditancapkan dulu pada stop kontak.

Mesin bor tangan memiliki berbagai macam ukuran mata bor yaitu 6.5 mm, 10 mm, 13 mm, 16 mm, dan 32 mm. Spesifikasi pada bor ini bisa diatur pada mode kecepatannya serta mode putaran 2 arah . Mesin ini sangat sering dijumpai pada dunia konstruksi, tak jarang pula orang membeli dan menyimpan sendiri di rumahnya, sebab bor ini memiliki banyak sekali manfaat dan sangat membantu, diantarnya:

  1. Memudahkan pelubangan pada kayu, logam yang keras, serta tembok bata maupun beton.
  2. Cepat dan efisien. Seringkali jika anda menancapkan paku pada dinding atau kayu menggunakan palu terjadi insiden paku bengkok, dengan menggunakan bor hal ini bisa dihindari.
  3. Aman, anda tak perlu khawatir jika tangan ataupun jari terkena pukulan palu.
  4. Praktis sebab ukurannya yang kecil dan ringan sehingga mudah disimpan.
  5. Harga terjangkau berkisar Rp 80.000 – Rp 300.000 tergantung merek dan ukuran.
  6. Multifungsi, dapat digunakan untuk pasang dan lepas baut sebab dilengkapi dengan 2 putaran.

​​​​​Bor duduk

Perbedaan Mesin Bor Duduk dan Bor Tangan

Disebut sebagi mesin bor duduk adalah karena bentuknya seperti orang yang sedang duduk, dan memiliki bobot yang lebih berat jika dibandingkan dengan bor tangan, ukurannya pun jauh lebih besar. Cara kerja bor ini adalah dengan memanfaatkan daya yang dihasilkan motor listrik kemudian ditransmisikan melalui media puli dan sabuk. Gaya bias yang dihasilkan kemudian diteruskan pada mata bor.

Prinsip kerja bor ini ada 2 yaitu dengan cara memutar mata bor atau biasa disebut twist dan digenggam oleh cak atau chuck. Pada proses cak anda bebas menggerakkan bor naik turun sesuai dengan kebutuhan sebab cak sudah terpasang pada poros spindel. Bor ini berfungsi untuk mengikis, membuat lubang, dan memutar pada objek yang telah ditentukan. Biasanya hanya dipergunakan oleh orang profesional saja, sebab penggunaannya memerlukan skil, pengalaman, serta budget yang lumayan mahal. Satu buah bor ini bisa dihargai hingga puluhan juta rupiah.

Bor duduk didesain sedemikian rupa agar penggunanya tidak merasa lelah jika digunakan dalam waktu yang lama. Istimewanya bor ini mampu menembus beberapa lapis baja sekaligus, hal ini membuat aktivitas mengebor menjadi lebih cepat. Tak seperti bor tangan yang berputar dalam kecepatan tinggi, biasanya bor duduk berputar lebih santai (lambat).

 

Dapatkan harga mesin bor terbaik hanya di temtera.com!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *