Antara Roller Blind dengan Gorden, Mana yang Lebih Tepat Untuk Memperindah Jendela?

Roller Blind dengan Gorden

Jika berbicara mengenai desain jendela rumah, maka tidak bisa dipisahkan dengan tirai yang menjadi aksesoris pelengkapnya. Selain berfungsi memberikan tampilan jendela yang menarik, tirai juga bisa menghalau cahaya yang langsung masuk ke dalam ruangan melalui jendela. Untuk memenuhi kebutuhan ini, banyak variasi tirai yang bermunculan, seperti roller blind, ataupun gorden yang keduanya sama-sama memiliki kemampuan memperindah jendela.

Faktor yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memilih Roller Blind atau Gorden

Bagi anda yang masih bingung memilih antara tirai roller dengan gorden, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan. Dengan demikian, barulah anda bisa menentukan, yang mana tirai paling cocok untuk memperindah jendela.

1. Desain Rumah

Roller Blind dengan Gorden

Faktor pertama yang bisa dijadikan pertimbangan adalah desain rumah yang dimiliki ataupun hasil yang diinginkan. Jika anda memiliki desain rumah yang elegan seperti monokrom atau rumah kaca, maka tirai roller horizontal atau vertikal bisa dijadikan pilihan.

Sebaliknya, bagi yang menginginkan desain rumah terlihat lebih mewah, banyaknya pilihan gorden yang glamour adalah pilihan yang paling tepat untuk memperindah jendela. Terlebih dengan bervariasinya pilihan warna mewah pada gorden kain, seperti gold, atau cokelat yang dipadukan oleh motif tertentu.

2. Ukuran Rumah

Roller Blind dengan Gorden

Selanjutnya untuk mempermudah memilih beberapa jenis gorden adalah dengan melihat ukuran rumah yang akan dipasang gorden. Jika ukuran rumah anda sangat minimalis, serta didukung jendela yang mungil, bisa melengkapinya dengan berbagai pilihan blind jenis roller. Hal ini akan lebih baik, karena tirai blind memiliki tampilan yang sangat sederhana serta tidak mengambil banyak tempat.

Sementara itu, ukuran rumah yang megah bisa menggunakan gorden kain sebagai penutup sekaligus penghias jendela. Kesan kain gorden yang mengembang mampu memenuhi ruangan di rumah anda yang terlalu luas karena ukurannya besar.

3. Penyesuaian Dengan Lokasi

Roller Blind dengan Gorden

Lokasi juga bisa mempermudah anda dalam memilih jenis tirai terbaik untuk memperindah jendela rumah. Untuk mendukung keindahan jendela pada area dingin, maka akan lebih tepat jika menggunakan gorden . Kain yang menyusun material gorden biasanya memiliki kemampuan menyerap panas yang baik, sehingga bisa menjaga kehangatan ruangan.

Kebalikan dari gorden, maka tirai blind memiliki bahan yang tahan lama namun tetap tipis, sehingga udara dari luar bisa masuk tanpa diserap. Oleh sebab itu, bagi anda yang tidak betah dengan udara panas di dataran rendah atau kota, bisa memperindah jendela menggunakan tirai ini. Terlebih jika memiliki taman kecil di halaman yang oksigennya bisa masuk ke dalam ruangan dengan mudah.

4. Memperhatikan Pencahayaan yang Masuk

Roller Blind dengan Gorden

Sebagai tirai modern, blind jenis roller memiliki perbedaan yang mencolok dengan gorden kain biasa, yakni dari segi pengaturan cahaya nya yang lebih canggih. Oleh sebab itu, tirai roller ini cocok digunakan pada rumah yang memiliki tingkat pencahayaan tidak stabil sehingga tetap bisa diatur sesuka hati.

Sementara itu, gorden kain tidak memiliki sistem filterisasi yang baik, karena hanya bisa digunakan dalam dua model, yakni ditutup secara keseluruhan, ataupun dibuka seluruhnya. Gorden jenis ini efektif memperindah jendela pada rumah yang memiliki pencahayaan stabil, yakni selalu panas atau selalu dingin, bukan berubah-ubah seperti musim pancaroba.

Demikianlah beberapa faktor yang bisa menjadi pertimbangan anda sebelum memilih jenis tirai yang paling cocok untuk memperindah jendela. Namun, semua kembali pada selera dan kesibukan masing-masing. Jika anda tergolong orang yang sibuk, maka walaupun rumah mewah, boleh saja menggunakan roller blind untuk memperindah tampilan jendela dengan perawatannya yang lebih praktis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *