Trik Terbaik Mengajarkan Anak Cara Menjaga Kerapihan Kamar

Mengajarkan Anak Cara Menjaga Kerapihan Kamar

Suasana rumah yang selalu rapi dan bersih tentu akan membuat para penghuninya menjadi nyaman. Namun ada beberapa bagian rumah yang tidak bisa dijaga selalu kerapiannya, terutama untuk area kamar tidur anak pasti akan selalu terlihat berantakan. Untuk mengajarkan sang buah hati dalam menjaga kerapian kamar memang tidak mudah, apalagi jika mereka sudah terbiasa mendapat bantuan dari asisten rumah tangga.

Bagaimana Cara Mengajarkan Anak untuk Menjaga Kerapian Kamar?

Kamar anak biasanya pada dindingnya memakai wallpaper kamar anak dengan berbagai macam motif yang disukai. Supaya wallpaper ​​​​​tetap awet, maka harus selalu dirawat secara berkala. Akan tetapi, sebagian orang tua masih bingung dalam mengajarkan sang buah hati tentang cara merawat wallpaper dan menjaga kerapian kamar. Berikut trik mengajarkan buah hati menjaga kerapian kamar.

a. Memberi Contoh secara Langsung pada Anak

Anak – anak cenderung lebih sulit jika disuruh, apalagi bila mereka sudah memasuki usia remaja. Cara terbaik dalam mengajarkan sang buah hati adalah dengan memberi contoh secara nyata kepada mereka, karena biasanya anak – anak akan lebih senang meniru dan melihat dibanding diajarkan dengan kata – kata saja. Dengan memberikan contoh maka anak secara tidak langsung akan melakukan teladan dari orang tua mereka.

b. Membuat Suasana Membersihkan Kamar menjadi Kegiatan yang Menyenangkan

Kegiatan merapikan kamar tidur dianggap kegiatan yang paling tidak menyenangkan bagi anak – anak. Mereka merasa tertekan dan bosan jika menyangkut tentang kegiatan bersih – bersih. Hal ini membuat para orang tua harus bisa memutar otak, untuk membuat kegiatan merapikan dan membersihkan kamar menjadi suatu kegiatan yang menyenangkan. Misalnya dengan memberikan reward untuk sang buah hati yang kamarnya paling rapi, sehingga membuat mereka lebih bersemangat merapikan kamar tidur.

c. Memberikan Ruang untuk Anak Berkreasi

Cara Mengajarkan Anak untuk Menjaga Kerapian Kamar

Anak – anak kebanyakan memiliki dunia imajinasi mereka sendiri. Oleh sebab itu, sebagai orang tua jangan selalu menyuruh mereka untuk membersihkan kamar. Akan lebih baik bila para orang tua memberikan anak – anak ruang atau privasi untuk berkreasi, misalnya dinding kamar ingin diberi hiasan wallpaper dinding kamar anak. Apabila dinding memakai wallpaper maka ajarkan anak untuk bertanggung jawab akan pilihannya dan wajib membersihkan agar wallpaper tidak cepat rusak. Dengan menghargai privasi dan pilihan mereka, akan membuat mereka belajar bertanggung jawab.

d. Meletakkan Alat – alat Kebersihan di Dalam Kamar

Kebanyakan kamar anak – anak berantakan karena tidak adanya alat – alat kebersihan yang diletakkan di kamar. Sebaiknya alat kebersihan seperti tempat sampah, sulak (kemoceng) atau sapu kecil tersedia di setiap kamar terutama kamar anak. Ajarkan mereka untuk membuang sampah pada tempatnya dan membersihkan perabotan yang berdebu dengan kemoceng, dengan melakukannya setiap hari akan membuat anak – anak menjadi terbiasa untuk menjaga kerapian kamar.

Kebersihan dan kerapian kamar merupakan faktor penting untuk menciptakan suasana yang nyaman. Dengan suasana kamar yang bersih akan membuat waktu istrirahat menjadi berkualitas. Bagi anak – anak, kamar tidur merupakan dunia di mana mereka bisa bermain, belajar dan juga tidur. Oleh karena itu, kamar yang rapi akan membuat sang buah hati betah untuk berlama-lama di dalamnya. Apalagi bila kamar dihiasi dengan wallpaper kamar anak dengan corak dan tema yang sesuai keinginan anak, akan membuat mereka tambah bersemangat dalam beraktivitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *